Berita Daerah Hukum

WN Malaysia Penyelundup Shabu Divonis 13,5 Tahun Penjara

Denpasar – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Kamis (26/5) menghukum Gobinathan V. Loganathan (26), warga negara Malaysia yang menjadi terdakwa kasus penyelundupan 956,66 gram shabu-shabu dengan hukuman penjara 13,5 tahun.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara selama 13 tahun dan enam bulan serta denda Rp1 miliar subsider tiga bulan penjara,” ucap Majelis Hakim Puji Harian saat membacakan surat putusan.

Hukuman yang dijatuhkan ini lebih ringan setengah tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Made Neotroni Lumisensi sebelumnya, yakni hukuman 14 tahun, denda Rp1 miliar subsider enam bulan penjara.

Hukuman tersebut menurut hakim sudah sesuai dengan fakta persidangan dan keterangan para saksi sebelumnya.

“Terdakwa telah melakukan perbuatan melawan hukum, sebagaimana diatur dalam pasal 113 ayat 2 dan 112 ayat 2 UU No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, yakni mengimpor dan menguasai narkotika golongan satu bukan tanaman,” ujar majelis hakim.

Atas putusan ini, Jaksa Penuntut Umum maupun terdakwa menyatakan akan pikir-pikir untuk mengajukan banding

Sebelumnya, Gobinathan ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Ngurah Rai Bali pada 1 November 2010.

Terdakwa yang bekerja sebagai tenaga keamanan di sebuah klub malam di Malaysia itu ditangkap sesaat setelah tiba dari Malaysia dan transit di Bandara Ngurah Rai, Bali dalam perjalanan menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat Air Aisa AK 366.

Petugas yang curiga terhadap gerak-gerik Gobin, akhirnya memeriksa Gobin secara intensif yang ternyata dalam diding tas kopernya terdapat bungkusan plastik yang berisi shabu-shabu seberat hampir satu kg atau tepatnya 956,66 gram.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *