Berita Internasional Kebijakan Global Kebijakan Mancanegara Kegiatan

Warsawa Menjadi Tuan Rumah Konferensi Masalah Napza di Perkotaan

Warsawa – Pada 17-19 Februari 2016, para pakar kesehatan masyarakat dan kebijakan napza akan bertemu dengan para pejabat kota-kota Eropa di Warsawa.

Pertemuan ini bertajuk Konferensi Internasional Kebijakan Napza di Perkotaan (2nd International Urban Drug Policies Conference-UDPC2016). Tujuan konferensi adalah untuk mendiskusikan langkah-langkah pelaksanaan kebijakan napza yang terintegrasi dan berbasiskan bukti. Dalam pertemuan ini, praktik-praktik terbaik penanganan napza di perkotaan akan dikumpulkan.

Jaringan Kebijakan Napza Polandia (Polish Drug Policy Network) akan menjadi tuan rumah konferensi, bekerjasama dengan Biro Pencegahan Napza kota Warsawa dan Open Society Foundations.

Komisioner Hak Asasi Manusia Polandia, Dr. Adam Bonar, perwakilan The European Monitoring Centre for Drugs and Drug Addiction (EMCDDA) Danilo Ballot, dan anggota Parlemen Eropa Dr.Michal Boni tercatat sebagai pembicara dalam konferensi ini. Akan hadir juga para perwakilan kota-kota di Polandia dan berbagai kota Eropa lainnya, termasuk Walikota Warsawa, Slupsk, Gdansk, Lisbon dan pejabat lokal Oslo, Zurich, Frankfurt, Praha dan Kopenhagen.

UDPC 2016 akan mengumpulkan berbagai komunitas yang berbeda, perwakilan masyarakat sipil dan politisi yang bergerak di bidang penanganan napza di perkotaan.

” Kami ingin menyebarkan nilai-nilai dialogis dan kerjasama, dan pertemuan para ahli ini adalah pergeseran total dari ranah ideologi dan politik. Kita akan berfokus pada solusi nyata yang dapat mengerucutkan respon napza di perkotaan Eropa,” ungkap Dr. Piotr Jablonski dari Biro Pencegahan Napza Polandia.

Dokumen yang dihasilkan dari konferensi ini, Deklarasi Warsawa, akan dipresentasikan pada Sesi Khusus Komisi Napza PBB ke-59 di Wina, Maret mendatang, serta Sesi Khusus Sidang Umum PBB tentang Napza di New York pada bulan April 2016. UNGASS 2016 menandai sebuah momen sangat penting di ranah kebijakan napza global, dan merupakan pertemuan pertama sejak pelaksanaan pertemuan serupa 18 tahun yang lalu. “Ketergantungan napza mempengaruhi Warsawa seperti halnya kota-kota besar lain di Eropa. Untuk dapat mengumpulkan sejumlah besar profesional dengan reputasi yang terpercaya di bidang ketergantungan napza, merupakan sebuah kehormatan besar bagi Warsawa. Pentingnya meningkatkan standar perawatan dan pencagahan ketergantungan napza merupakan kepedulian kami,” demikian penjelasan Walikota Warsawa Hanna Gronkiewicz-Waltz.

Balai kota Praha pernah menjadi tuan rumah Urban Drug Policies Conference yang pertama pada 2010. Penyelenggara konferensi tahun ini menekankan bahwa pertemuan di Warsawa akan meneruskan keberhasilan Praha, dalam hal transformasi politik dan sosial selama lima tahun terakhir. “Strategi dan rencana aksi di ranah kebijakan napza harus menjadi subjek evaluasi berkala, dan harus bereaksi terhadap perubahan situasi napza baik di tingkat lokal maupun global,” tegas Agnieszka Sieniawska, Ketua Polish Drug Policy Network.”Apa yang terjadi di kota-kota besar adalah barometer terhadap perubahan kebijakan napza, karenanya adalah penting untuk menyelenggarakan pertemuan semacam ini.”

Informasi mengenai konferensi dapat diakses melalui: www.urbandrugpolicies.com (TalkingDrugs/Yvonne Sibuea)