Berita Daerah Hukum

Warga Australia Penyelundup Shabu Divonis 18 Tahun Penjara

DenpasarMichael Sacatides (43), warga Negara Australia, terdakwa kasus penyelundupan 1,7 kg shabu, Senin (25/4) dijatuhi hukuman 18 tahun penjara oleh Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Denpasar.

“Menimbang bahwa sesuai pasal 112 ayat 2 Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika maka terdakwa dijatuhi hukuman 18 tahun subsider tiga bulan atau denda Rp 1 miliar,” kata Ketua Majelis Hakim Sigit Sutanto saat membacakan putusan.

Terdakwa dijatuhi hukuman lebih berat dari tuntutan jaksa sebelumnya yakni 16 tahun. Hukuman itu dijatuhkan karena terdapat hal yang memberatkan yakni perbuatan terdakwa sangat bertentangan dengan program pemerintah dalam memberantas narkotika.

“Hal yang meringankan terdakwa adalah bahwa terdakwa belum pernah melakukan kejahatan atau dihukum dan menyesali perbuatannya yang dapat merugikan Negara Indonesia, serta pernah meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata Sigit.

Atas putusan ini terdakwa menyatakan pikir-pikir untuk mengajukan banding dalam waktu tujuh hari sesuai waktu yang diberikan oleh Majelis Hakim.

Sementara itu kuasa hukum terdakwa Erwin Siregar usai sidang berakhir menyatakan bahwa tidak menyangka hukuman yang dijatuhkan oleh majelis hakim ternyata melebihi tuntutan jaksa.

“Saya tidak pernah berpikir kalau hukuman itu melebihi tuntutan jaksa. Sementara hakim menyatakan ada hal meringankan yang tentu dapat diprediksi bahwa vonis seharusnya di bawah tuntutan jaksa, setidaknya turun atau bebas,” tegasnya.

Sebelumnya, Michael Sacatides ditangkap petugas Bea Cukai pada 1 Oktober 2010 pukul 11.30 Wita di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai Bali, sesaat setelah turun dari pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan FD 3677 dari Bangkok.

Terdakwa ditangkap petugas karena membawa 1,7 kg shabu-shabu yang disimpan dalam rongga dinding kopernya. Namun dari pengakuan terdakwa sejak ditangkap, barang tersebut diakui milik rekannya bernama Akaleshi Tripathi alias Peter.

Peter merupakan teman yang dikenal terdakwa selama 2,5 tahun ketika berada di sebuah apartemen di Bangkok. Akibat visanya telah habis, Sacatides memutuskan untuk pergi ke Bali dan meminjam tas koper milik Peter.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *