Berita Nasional Peristiwa

Warga Australia Pengguna Shabu Divonis Empat Bulan

PN Denpasar

Denpasar – Ricky Shane Rawson (49), warga negara Australia yang menjadi terdakwa kasus penggunaan dan kepemilikan 0,06 gram shabu-shabu akhirnya dijatuhi hukuman empat bulan penjara di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa (13/9).

“Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama empat bulan, dan terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp2 ribu,” kata pimpinan majelis hakim Dewa Made Wenten.

Majelis hakim dalam amar putusannya menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana narkotika, yaitu menyalahgunakan narkotika golongan 1 bagi diri sendiri sebagaimana diatur dalam pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Vonis yang dijatuhkan kepada Shane Rawson tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Denny Iswanto pada sidang sebelumnya, yakni meminta majelis hakim untuk menjatuhkan hukuman enam bulan penjara.

Pertimbangan majelis hakim dalam memutuskan vonis tersebut adalah, terdapat hal-hal yang dapat meringankan hukuman terdakwa, yaitu Shane belum pernah dihukum serta mengakui dan menyesali perbuatannya.

Sedangkan hal yang dapat memberatkan hukuman terdakwa yakni perbuatannya yang dinilai sangat berpengaruh negatif kepada generasi muda dan pariwisata, serta bertentangan dengan program pemerintah tentang pemberantasan narkoba.

Selain itu, dalam sidang sebelumnya terdakwa juga mengaku menggunakan narkoba karena mengalami depresi setelah melakukan operasi jantung dua tahun lalu sehingga mengakibatkan terdakwa mengalami depresi. Untuk mengatasi depresi tersebut terdakwa menggunakan shabu-shabu hingga menyebabkan kecanduan.(Ant/YS/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *