Berita Internasional Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Global Kebijakan Nasional Kegiatan

Wapres Boediono: Dunia Berada Dibawah Ancaman Narko-Terorisme

Seremoni pembukaan pertemuan tingkat tinggi terkait kebijakan narkotika internasional

Nusa Dua – Dunia saat ini sedang dibawah ancaman narko-terorisme, yakni ancaman kerjasama antara sindikat narkotika dengan kelompok-kelompok terorisme. Ancaman ini sangat berbahaya karena merupakan perpaduan kejahatan kriminal dengan motif politik.

Demikian disampaikan Boediono saat pidato pembukaan Konferensi Tingkat Dunia dalam bidang penanggulangan kejahatan narkoba (IDEC) yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Menurut Boediono, kedepan harus ada langkah kerjasama yang nyata dalam pemberantasan narko-terorisme, mengingat kejahatan seperti ini tidak mengenal batas negara. Apalagi selama ini penggunaan narkotika ilegal merupakan penyakit kronis yang bersifat kambuhan.

“Penyalahgunaan narkotika merupakan penyakit kronis kambuhan, sebab kita tahu bahwa para produsen, distributor dan para pengguna narkotika senantiasa mencari alternatif dan modus baru untuk memproduksi dan mendistribusikan substansi analog narkotika dan zat psikoaktif baru” jelas Boediono, Selasa (12/6)

Boediono menyebutkan di Indonesia saat ini terdapat sekitar 4,2 juta orang yang menggunakan narkoba secara ilegal. Para pengguna ini harus segera direhabilitasi agar mampu mewujudkan target Indonesia bebas narkotika pada 2015 mendatang.(Mul/Gen).