Berita Nasional Kebijakan Nasional

WamenkumHAM: Korban NAPZA Harus Diselamatkan dan Tidak Boleh Dihukum

Wamenkumham Denny Indrayana
Wamenkumham Denny Indrayana

Semarang – Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof Denny Indrayana mengatakan generasi muda korban penyalahgunaan narkotika tidak boleh dihukum, akan tetapi harus diselamatkan. Menurut Denny hal ini harus dilaksanakan demi menyelamatkan masa depan generasi muda Indonesia.

“Caranya mereka harus dibimbing kembali dengan program rehabilitasi untuk diselamatkan dan bukan dihukum di lapas,” papar Denny Indrayana dalam seminar nasional “Dekriminalisasi dan Depenalisasi Bagi Pengguna Narkoba”, Selasa (19/8).

Dari aspek legalitas, pengguna narkotika atau napza adalah korban yang harus direhabilitasi, dan ini jelas tercantum dalam Undang-Undang No.35 Tahun 2009.

“Para pengguna tak perlu dikejar-kejar untuk dikenakan hukuman badan berupa kurungan penjara, mereka adalah korban, jadi harus diselamatkan. Penjara hanya menciptakan masa depan yang semakin suram bagi pengguna narkoba, khususnya yang berasal dari kalangan generasi muda,” tegasnya.

Seminar nsaional “Dekriminalisasi dan Depenalisasi Bagi Pengguna Narkoba”, ini berlangsung atas kerjasama BNN Provinsi Jawa Tengah dan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang.(Tbn)