Berita Internasional

Usir Diebetes Dengan Mengkonsumsi Alkohol Secukupnya

topikLondon – Bagi kaum dewasa berbadan sehat yang meminum satu atau dua gelas alkohol setiap hari memiliki peluang yang lebih kecil untuk menderita salah satu jenis diabetes.

Penelitian selama 10 tahun yang dilakukan terhadap 35.000 orang dewasa, yang dilakukan oleh Lembaga Nasional untuk Kesehatan Publik serta pusat ilmu pengetahuan dan medis Belanda itu, memfokuskan perhatian pada diabetes tipe 2, yang terutama dialami oleh orang berusia di atas 40 tahun.

Seperti yang diberitakan Reuters, hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi alkohol dalam tingkat sedang dan memenuhi sedikitnya tiga dari empat gaya hidup sehat, memiliki peluang 40 persen lebih kecil untuk menderita diabetes tipe 2 dibanding mereka yang sama sekali tidak meminum alkohol.

Mengamati orang dewasa berusia 20 hingga 70 tahun, penelitian itu mendefinisikan konsumsi alkohol dalam tingkat sedang sebagai maksimum satu gelas per hari bagi wanita dan dua gelas bagi pria.

Empat kondisi gaya hidup sehat didefinisikan sebagai mencegah obesitas, cukup olahraga, tidak merokok, dan diet seimbang

Menurut kelompok riset ilmiah TNO, yang membantu melakukan analisis, “Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam tingkat sedang dapat memainkan peran dalam gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko menderita diabetes tipe 2.”

Diabetes tipe 2, yang sering disebabkan obesitas, adalah bentuk paling umum dari diabetes yang terjadi saat kadar gula darah tinggi, dan dialami lebih dari 180 juta orang dewasa di seluruh dunia.

Bentuk diabetes ini, yang saat ini memerlukan pengobatan tiap hari, dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, kebutaan, amputasi dan gagal ginjal jika tidak dikendalikan.(Ant)