Berita Nasional

Usai Tangkap WN Inggris, Bea Cukai Ngurah Rai Tangkap WN Jepang

Bea dan Cukai

Tuban – Selain berhasil menangkap warga negara Inggris penyelundup 3,1 Kg Shabu, petugas Bea Cukai Bandara Ngurah Rai Bali juga berhasil membekuk seorang warga negara Jepang yang kedapatan membawa 6 kg hashis.

“Pertama kali Kami tangkap Khuram Antonio Khan Garcia (39) warga negara Inggris sesaat setelah tiba di bandara, Minggu malam (14/11),” ujar Bagus Endro Wibowo, Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan Kantor Pelayanan Bea Cukai Ngurah Rai, Bali, Senin (15/11) pagi.

Khan Garcia dibekuk pada Minggu (14/11) malam, sesaat setelah Ia turun dari pesawat Qatar Airwasy QR 638 sekitar pukul 20.00 Wita. Saat melewati ruang pemeriksaan x-Ray, tersangka terlihat pucat dan gelisah sehingga petugas segera menggelandangnya ke ruang pemeriksaan khusus.

Setelah dilakukan penggeledahan badan dan barang akhirnya petugas menemukan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 3,1 Kg.
“Shabu-shabu itu disembunyikan dalam kopor tersangka di dinding yang tersembunyi,” imbuh Bagus Endro.

Petugas tidak berhenti sampai disitu dari pengembangan kasus diketahui ada nama lain yang juga terlibat dalam jaringan perederan narkoba di Pulau Dewata.

Setelah ditelurusi petugas berhasil menangkap tersangka Yan Zacharia Santosa (31), pria asal Jakarta yang diketahui menginap di sebuah hotel di Bali.

“Tersangka diketahui sebagai penerima shabu-shabu yang diketahui telah tiba di Bali sejak 12 November lalu,” ucap Bagus Endro.

Selain mengamankan warga negara Inggris, petugas juga berhasil membekuk Morita Yuki (35) warga negara Jepang.

“Tersangka Morita ditangkap juga tak lama berselang setelah mendarat di Bandar Udara Ngurah Rai, Bali.” ungkap Bagus Endro.

Bagus menjelaskan, tersangka Morita sebelumnya tiba di Bali menggunakan pesawat Thai Airways TG 431 rute Bangkok – Denpasar

Dari penggeledahan, petugas menemukan barang bukti narkoba jenis hasis seberat 6 Kg. Hasis tersebut juga disembunyikan dalam kopor tersangka yang kelahiran 21 Maret 1975.

Kini para tersangka masih dalam pemeriksaan intensif petugas Bea Cukai sebelum nantinya dilimpahkan ke Ditnarkoba Polda Bali untuk penyidikan lebih lanjut.(Ant)