Berita Internasional Kebijakan Mancanegara

Uruguay Legalkan Ganja untuk Ditanam dan Dikonsumsi

Buenos Aires – Pemerintah Uruguay, Kamis (9/8) memasukkan rancangan undang-undang ke konggres, yang memungkinkan negara itu menanam dan menjual ganja.

Presiden Jose Mujica menilai langkah pemerintah melegalkan ganja tersebut dapat menanggulangi kejahatan terkait dengan obat terlarang.

Konsumsi ganja telah dilegalkan di Uruguay, salah satu negara paling aman di Amerika Latin yang merupakan pelopor hukum-hukum liberal. RUU baru itu akan mengatur penjualan dan produksi ganja.

Negara lain di kawasan itu, seperti Kolombia dan Meksiko, telah berjuang selama bertahun-tahun mengatasi berbagai aksi kriminal seperti pembunuhan dan tindak kekerasan lain yang terkait dengan perdagangan narkotika.

Pemerintahan Presiden Mujica mengatakan bahwa dampak negatif dari merokok ganja tidak sebesar aksi kekerasan yang terkait dengan pasar gelap, yang menjadi pusat perdagangan narkotika ilegal.

Konsumen terdaftar akan dibatasi untuk membeli 30 gram (sekitar 1 ons) per bulan sementara warga negara asing dilarang untuk melakukan pembelian ganja. Kebijakan itu diambil untuk mencegah negara kecil dengan penduduk 3,3 juta orang itu menjadi lokasi favorit wisatawan untuk mengonsumsi ganja.(Rtr/Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *