Berita Nasional

Urine Salah Satu Anggota DPRD Klungkung Positif Narkoba

Badan Narkotika Nasional

Semarapura – Staf dan anggota DPRD Kabupaten Klungkung sebanyak 20 orang mengikuti tes urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali. Hasilnya, salah satu dari keduapuluh orang ini diduga positif mengonsumsi narkoba.

“Nama dan jabatannya dalam struktur DPRD tidak akan kami publikasikan, karena belum tentu yang bersangkutan bersalah. Bisa saja dia habis mengonsumsi obat batuk, obat tidur atau obat kuat,” ujar Anak Agung Wiradarma, Ketua BNNP Bali, saat sidak ke gedung DPRD Klungkung, Kamis (25/8).

Wiradarma mengatakan bahwa urine yang positif tersebut mengandung BZO (Benzodiazepin) sejenis zat adiktif (Narkoba) yang dilarang dikonsumsi secara bebas.

Pihak BNNP dalam kesempatan ini juga meminta Badan Kehormatan Dewan, Made Kasta dan Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, AA Gde Anom untuk menanyakan kepada yang bersangkutan dari mana mendapatkan obat tersebut.

“Untuk yang positif ditemukan zat terlarang dalam urine-nya akan dilakukan pembinaan lebih lanjut. Dalam kasus ini, apabila yang bersangkutan bisa mempertanggung jawabkan diantaranya dengan menunjukan resep pengunaan obat- obatan tersebut, tidak akan dipermasalahkan,” tambahnya.

Menurut Wiradarma, Jika nantinya ada yang masuk kategori pecandu, maka wajib melakukan rehabilitasi. Untuk klinik rehabilitasi narkoba, BNPP Bali menyarankan agar yang bersangkutan melakukan rehabilitasi ke RSJ Bangli, RSUP Sanglah, Puskesmas Kuta I, Puskemas Tabanan III, Puskesmas Abiansemal dan Puskesmas Ubud II.

“Untuk memudahkan pelayanan, BNP akan membekali mereka kartu berobat,” imbuhnya. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *