Peristiwa

Upaya Penyelundupan Shabu ke Lapas Nusakambangan Digagalkan

Nusa Kambangan (ilustrasi)

Cilacap – Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Pos Wijayapura menggagalkan upaya penyelundupan 10 gram shabu-shabu ke Lembaga Pemasyarakatan Narkotika, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Selasa (4/11).

Koordinator Lapas Se-Nusakambangan dan Cilacap Hermawan Yunianto mengatakan upaya penyelundupan shabu-shabu tersebut terungkap sekitar pukul 09.00 WIB saat personel Satgas Kamtib yang dibantu Kepolisian Resor Cilacap melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan pembesuk di Pos Wijayapura, Cilacap.

“Seperti biasanya, setiap pembesuk harus menjalani pemeriksaan oleh Satgas Kamtib di Pos Wijayapura sebelum mereka menyeberang ke Nusakambangan,” kata dia yang juga Kepala Lapas Batu Nusakambangan itu.

Ia menjelaskan paket sahbu-shabu seberat 10 gram tersebut ditemukan dalam barang bawaan seorang wanita pembesuk berinisial Ad yang akan membesuk seorang warga binaan Lapas Narkotika bernama Teguh Legiyatno.

Pihaknya segera menyerahkan wanita tersebut kepada Satuan Reserse Narkoba Polres Cilacap guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami akan terus berupaya sesuai kemampuan kami agar Nusakambangan bersih dari peredaran narkoba, HP, dan barang-barang terlarang lainnya. Oleh karena itu, pemeriksaan terhadap barang bawaan pembesuk diperketat sejak Pos Wijayapura hingga masing-masing lapas di Nusakambangan,” katanya.

Lebih lanjut mengenai upaya penyelundupan tersebut, Kepala Lapas Narkotika Lilik Sujandi mengatakan shabu-shabu seberat 10 gram tersebut dibungkus dalam 10 paket kecil.

“Modusnya, 10 paket sabu tersebut dimasukkan ke dalam botol shampo,” katanya.

Menurut dia, upaya penyelundupan narkoba ke Lapas Narkotika itu merupakan yang ketiga kalinya terungkap dalam beberapa bulan terakhir.

Kasus pertama terungkap pada Oktober silam, berupa upaya penyelundupan ganja yang dimasukkan ke dalam lapisan sandal, dan kasus kedua terungkap pada November berupa 20 gram shabu-shabu yang juga dimasukkan ke dalam lapisan sandal.

“Nusakambangan harus terbebas dari peredaran narkoba,” katanya.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *