Aktivitas Berita Berita Internasional Berita Lembaga Peristiwa

UNAIDS : Secara Global Tingkat Penyebaran HIV Menurun Sebesar 19%

Getting To ZeroNew Delhi – Badan Koordinasi PBB untuk AIDS, UNAIDS menetapkan tujuan ambisius yaitu Zero New HIV Infections  dan Zero AIDS-related Deaths yang dicanangkan akan tercapai pada 2015. Tujuan meniadakan infeksi HIV dan kematian terkait AIDS pada 2015 dipublikasikan pada sebuah laporan yang dirilis Jumat (31/3).

Laporan Sekjen PBB 2011 menggarisbawahi strategi baru penanganan AIDS, yaitu perang melawan penyakit terkait AIDS dan mendesakkan akses universal pada pengobatan, perawatan dan dukungan bagi orang terinfeksi HIV, serta mengakhiri diskriminasi pada mereka.

Laporan yang dirilis UNAIDS di New Delhi, mencatat adanya penurunan global infeksi HIV, tetapi setiap harinya terjadi infeksi baru HIV pada lebih dari 7000 orang, termasuk didalamnya 1000 anak-anak.

“Jumlah orang baru yang terinfeksi HIV menurun sebesar 19% dalam 10 tahun terakhir. Setidaknya 33 negara mengalami penurunan infeksi HIV sebesar 25%,” demikian sebuah fakta yang dilaporkan UNAIDS.

Diluar seluruh penurunan infeksi HIV, jumlah orang terinfeksi HIV meningkat di Eropa Timur, Asia Tengah, Afrika Utara dan Timur Tengah, serta sebagian negara di Asia lainnya.

“Tak satu negarapun bisa menghindar dari epidemi global AIDS, ” demikian kesimpulan laporan tersebut. Selama 30 tahun program penanganan AIDS sejak pertama kali kasus dilaporkan 30 tahun lalu, AIDS telah menjadi tantangan utama masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

Dalam tiga dekade tersebut, AIDS telah menelan korban 25 juta jiwa dan lebih dari 60 juta orang telah terinfeksi HIV.

Menurut para pakar kesehatan yang berbicara pada forum yang sama, banyak berita menggembirakan muncul dari ranah pencegahan dan perawatan AIDS di seluruh dunia.

“Dunia mulai melihat titik balik penyebaran HIV dan bermanfaatnya investasi untuk program AIDS. Secara global, tingkat penyebaran HIV menurun, ” ungkap Charles Gilks, pimpinan UNAIDS India.

Penyebaran HIV dari ibu ke anak menurun ketika capaian program pengobatan meningkat, ketika 6 juta orang mendapatkan pengobatan AIDS.

Laporan UNAIDS menyebutkan, strategi mendatang mencakup lima tujuan yaitu, mewujudkan peniadaan infeksi baru, peniadaan kematian terkait AIDS pada 2015, mengakhiri diskriminasi pada orang terinfeksi HIV, memberdayakan perempuan dan anak perempuan agar memahami hak mereka terhindar dari infeksi HIV, serta akses universal pada pengobatan AIDS.

Sekjen PBB, Ban Ki Moon mendesak pemerintah negara-negara dunai untuk menganggarkan dana untuk perang melawan AIDS. Moon menekankan bahwa pendanaan AIDS di seluruh dunia tidak mengalami peningkatan, berkisar pada angka 16 milyar dolar atau sekitar 142,4 trilyun rupiah sejak 2007, sementara biaya pembelian obat dan perawatan terus meningkat.

Di beberapa negara, beberapa langkah dekriminalisasi homoseksualitas telah dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan orang terinfeksi HIV mencari pengobtan tanpa takut diisolasi.

“Ada peningkatan dalam perang melawan AIDS, tetapi terlalu prematur untuk mengumumkan kemenangan, ” ungkap Peter Piot, mantan Direktur Eksektif UNAIDS.

Inisiatif yang diambil UNAIDS ini merupakan langkah ketiga yang diambil dalam 10 tahun terakhir. Sebelumnya UNAIDS merilis tujuan “Three by Five” atau “Tiga Dari Lima”,  yang bermaksud menyediakan pengobatan antiretroviral (ARV) bagi 3 juta orang pada 2005. Inisiatif kedua adalah Akses Universal untuk mendapatkan ARV pada 2010.(huft/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *