Berita Internasional

Tujuh Tewas di Dalam Penjara Akibat Konflik Dua Kartel

Monterrey – Tujuh warga binaan tewas dan sedikitnya tiga orang terluka dalam kerusuhan, Kamis (13/10), di sebuah penjara di pinggiran kota Monterrey, ibukota negara bagian Meksiko utara.

“Kami memiliki tujuh korban tewas, dan empat diantaranya dipastikan tewas terpanggang, dan laporan tiga orang terluka, tapi tidak jelas apakah mereka itu sipir penjara atau tawanan,” kata seorang juru bicara negara bagian Nuevo Leone di perbatasan Meksiko.

“Para warga binaan ini menggunakan benda-benda tajam dan membakar kasur saat kerusuhan mulai pada Kamis subuh,” ungkap Jorge Domene, juru bicara keamanan negara bagian itu.

Sementara petugas pemadam kebakaran dan tentara telah membantu untuk membuat situasi terkendali, di penjara yang menampung sekitar 2.000 tawanan itu.

Media setempat mengatakan bahwa kerusuhan ini pecah setelah para warga binaan mendengar penangkapan Carlos Oliva Castillo, alias “La Rana” (Sang Kodok), tokoh penting kartel narkoba Zetas yang diduga telah memerintahkan pembakaran sebuah kasino di Monterrey Agustus silam. Sebanyak 52 orang tewas dalam pembakaran itu, salah satu serangan terburuk yang pernah terjadi di negara bagian tersebut.

Monterrey, sebuah pusat industri dan kota terbesar ketiga di Meksiko yang mengalami peningkatan kekerasan dalam beberapa bulan belakangan ini akibat konflik antar kartel obat bius antara Kartel Zetas dan kartel Teluk. Sejumlah anggota kedua kartel ini berada dalam penjara yang sama.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *