Berita Nasional Kebijakan

TPK Desak Pemerintah Batalkan Pasal 113 dan 116 UU Kesehatan

Jakarta – Tim Pembela Kretek (TPK) mendesak Mahkamah Konstitusi (MK) untuk membatalkan pasal 113 dan 116 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

TPK menilai perlu dilakukan uji materiil terhadap kedua pasal ini karena mengandung nilai-nilai ketidakpastian hukum. Pasal 113 dan 116 dianggap mertentangan dengan konstitusi.

“Kami meminta pada MK untuk membatalkan pasal-pasal itu,” kata Pradnanda Berbudy, kuasa Hukum TPK sebagai pemohon, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (30/7).

Ketidak pastian hukum yang dimaksud adalah penempatan pengaturan terhadap zat adiktif dalam ‘Bab Upaya Kesehatan’ tidak memiliki penalaran kejelasan rasionalitas. Zat adiktif yang disebutkan memiliki banyak keterkaitan dengan berbagai macam bahan dan produk.

Menurut Pradnanda, pengaturan zat adiktif yang terdapat dalam pasal 113 mengandung hal-hal yang tendensius karena menyiratkan bahwa pembuat Undang-Undang ini ingin mengendalikan tembakau dan produk tembakau namun menghilangkan produk kretek nasional. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *