Berita Internasional Hukum Kebijakan Mancanegara

Tim Pengacara Ross Ulbricht Berargumen Silk Road Membuat Transaksi Napza Lebih Aman

Manhattan – Benarkah situs Silk Road membuat transaksi napza menjadi lebih aman? Ini adalah argumen baru tim pengacara Ross Ulbricht, pemilik situs Silk Road yang memberikan fasilitas jual beli napza ilegal melalui jaringan internet dengan menggunakan mata uang virtual bitcoin.

Seperti yang diberitakan New York Times, pengacara Ulbricht memaparkan pada Jumat (15/5) bahwa “bertentangan dengan penggambaran pemerintah AS tentang situs Silk Road sebagai versi pasar gelap napza yang lebih berbahaya dari pasar gelap tradisional, situs Silk Road sesungguhnya adalah sebuah pasar napza yang paling bertanggungjawab sepanjang sejarah.”

Silk Road beroperasi pada bagian tersembunyi internet, bertransaksi dengan menggunakan mata uang virtual bitcoin dan menawarkan anonimitas pada pembeli dan penjual, demikian pembelaan tim pengacara.

Karenanya, Silk Road sesungguhnya adalah ” alternatif yang penuh damai terhadap kekerasan mematikan yang kerap terjadi dalam situasi perang napza global, transaksi napza di jalanan, seperti yang biasa terjadi,” ungkap Meghan Ralston, salah seorang yang pernah bekerja sebagai manajer program pengurangan dampak buruk napza di Drug Policy Alliance, sebuah kelompok pejuang reformasi undang-undang ganja dan kebijakan napza lainnya.

Ralston berpendapat bahwa transaksi di Silk Road tidak mengakibatkan seseorang ditodong pistol saat membeli napza, atau tidak mengharuskan seorang pembeli untuk mendatangi lingkungan berbahaya. Silk Road adalah revolusi dalam perdagangan napza, tegas Ralston.

Di lain pihak, Jaksa Federal AS “bermaksud untuk mengungkapkan bukti adanya enam kematian akibat overdosis terkait pembeliaan napza dari para penjual yang menggunakan situs Silk Road” dalam argumennya untuk mengenakan hukuman berat pada Ulbricht.

Argumen Jaksa Federal adalah, ketika napza mengakibatkan kematian, maka memberikan fasilitas penjualan napza dalam jumlah besar sangatlah buruk dalam pandangan masyarakat. Walaupun sesungguhnya perdagangan napza telah ada jauh sebelum adanya situs Silk Road, situs internet yang memberikan fasilitas jual beli produk dari berbagai tempat berjauhan, yang mendorong penurunan tingkat kekerasan yang biasanya terjadi dalam situasi transaksi napza.

Ulbricht akan menjalani sidang pembacaan vonis pada 29 Mei 2015 mendatang di pengadilan distrik Manhattan. (bi/NYT/YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *