Berita Internasional Hukum

Tim Pengacara El Chapo Berbeda Pendapat dalam Kasus Ekstradisi

Mexico City –  Upaya gembong napza terpenjara, Joaquin “El Chapo” Guzman untuk menghindari ekstradisi ke Amerika Serikat memicu perpecahan antara orang-orang terdekat yang diandalkannya, yaitu para pengacaranya sendiri.

Setelah dua pengacara Guzman mengajukan penolakan atas permintaan ekstradisi, pengacara ketiga Guzman menyatakan ketidaksepakatannya pada Sabtu (28/5).

Pengacara Jose Refugio Rodriquez memberi pernyataan pada The Associated Press bahwa langkah pengacara ketiga tersebut tidak atas sepengetahuan Guzman, dan bahwa klien-nya tidak akan mundur dari upaya menolak ekstradisi, sehingga pengadilan tidak akan mengambil tindakan atas permintaan ekstradisi.

“Ketidaksepakatan ini merugikan Joaquin Guzman, karena ini melemahkan pembelaan kami,” ungkap Rodriguez.

Rodriguez menambahkan bahwa pengacara-pengacara yang mengajukan ketidaksepakatan terhadap penolakan ekstradisi Guzman, yaitu Juan Pablo Badillo dan Jose Luiz Gonzales Mesa, bukanlah bagian dari tim pengacara yang bekerja menangani kasus ekstradisi.

“Kami memiliki strategi dengan Joaquin dan kami merencanakannya,” tegas Rodriguez.

Rodriguez beranggapan bahwa Badillo dan Gonzales kemungkinan termotivasi oleh “hasrat ingin menjadi terkenal.”

Gonzalez tidak segera merespon pesan yang dikirim AP untuk meminta tanggapan, dan AP juga tidak berhasil mendapatkan tanggapan Badillo.

Pengadilan Meksiko baru-baru ini menyetujui permintaan Amerika Serika untuk mengekstradisi Guzman dan secara formal telah mengirim pemberitahuan kepada Departeman Hubungan Internasional.

Akan tetapi, tim pengacara Guzman memiliki waktu 30 hari untuk mengajukan keberatan dan kasus ini dapat diproses hingga ke Mahkamah Agung, yang berarti akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum keputusan akhir dapat ditentukan.

Terdakwa pimpinan kartel napza Sinaloa ini diinginkan di tujuh wilayah hukum Amerika Serikat dengan tuduhan pembunuhan, konspirasi dalam mengimpor dan mendistribusikan kokain dan ganja, pencucian uang dan kepemilikan senjata.

Guzman saat ini berada di penjara federal di pinggiran Ciudad Juarez, yang berbatasan dengan El Paso, Texas. Pejabat berwenang secara tiba-tiba memindahkan Guzman beberapa minggu terakhir ini dari penjara Altiplano di dekat Mexico City, tempat dimana Guzman ditahan sebelumnya, dengan alasan ada keperluan perbaikan keamanan di fasilitas tersebut.

“El Chapo” kabur dari sebuah penjara di Meksiko pada 2001 dan menghabiskan lebih dari satu dekade dalam pelarian, menjadi salah satu buronan paling dicari di dunia, sebelum ia ditangkap kembali pada 2014.

Tahun 2015 lalu, Guzman kembali melarikan diri melalui sebuah terowongan sepanjang 1,5 kilometer yang digali dari bawah kamar mandinya di penjara Altiplano.

Para agen federal Meksiko menangkap Guzman pada Januari 2016 di kota Los Mochis, di negara bagian Sinaloa, yang juga menjadi nama kartel napza yang dipimpin Guzman (AP/Yvonne Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *