Berita Nasional Peristiwa

Tiga Anggota Tim Perakit Sukhoi Tewas di Makassar

badge PolriJakarta – Tiga anggota tim guarantee warranty atau perakit pesawat tempur Sukhoi SU-27 SKM asal Rusia yang tewas pada Senin (19/3) lalu diduga tewas karena gagal nafas yang disebabkan oleh methanol. Menurut metronews.com, hasil pemeriksaan sementara tersebut dikeluarkan oleh Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokes) Mabes Polri dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

“Proses pemeriksaannya membutuhkan waktu. Harus direndam, didiamkan, diambil ekstraknya”, ujar Kepala Puslabfor Brigadir Jenderal Polisi, Boediono, di Mabes Polri Rabu (15/9).

Budiono menjelaskan bahwa kasus ini masih akan diperiksa lebih lanjut, terkait dengan barang bukti yang ditemukan bersama ketiga anggota tim perakit Sukhoi asal Rusia yang tewas tersebut. Ketiganya tewas di Makassar setelah minum minuman beralkohol yang diduga dicampur dengan cairan sejenis spiritus.

Dari ketiga jenazah tersebut ditemukan 16 jenis obat padat berbentuk kapsul dan empat jenis cairan yang belum diketahui kandungan dan fungsinya. Tim dari Mabes Polri belum dapat memastikan jenis dan fungsinya kerena keterangan pada bungkusnya menggunakan bahasa Rusia.

“Sebanyak 16 obat padat seperti kapsul dan cairan satu botol bermerek Banokop, satu botol plastik merek HAOTN3NH, satu botol cairan kuning dalam botol air mineral 1500 ml, satu botol minuman merek PERNOH 27 RUS berisi cairan warna putih,” lanjut Budiono. (MN/IH)