Alkohol Berita Internasional Kebijakan Mancanegara Tembakau & Rokok

Thailand Berniat Naikkan Cukai Tembakau dan Alkohol

Bangkok – Rapat kabinet pemerintah Thailand, Selasa (21/8) waktu setempat menyetujui usulan Departemen Keuangan Thailand untuk menaikkan cukai tembakau dan minuman keras dalam waktu dekat.

Adapun kenaikan pajak minuman keras ini berdasarkan pada kadar alkohol, dimana harga whiskey dari 120 bath menjadi 150 bath perliternya. Sementara, untuk minuman keras yang dicampur dari 300 baht menjadi 350 baht per liter.

Kenaikan cukai pada minuman keras ini tidak berlaku bagi bir dan anggur karena sudah mengalami kenaikan sebelumnya.

“Pajak cukai pada whiskey akan naik dari 120 baht sampai 150 baht per kadar alkohol, sementara pajak atas minuman keras campuran, seperti Chiang Chun asal Cina, akan naik dari 300 menjadi 350 baht baht per kadar alkohol,” ujar Benja Luicharoen, Direktur Jenderal Departemen Cukai Thailand, Selasa (21/8).

Benja juga mengatakan pajak yang lebih tinggi pada tembakau dan alkohol akan meningkatkan pendapatan departemen yang dipimpinnya sebesar 12 miliar baht per tahun, 10 miliar dari tembakau dan dua miliar dari alkohol.

Ini berarti harga rokok bisa meningkat enam sampai sembilan baht per bungkus. Rokok yang diimpor dari Cina, menjual pada harga yang lebih murah, menghadapi kenaikan pajak tertinggi hingga 20 baht per bungkus.

Wakil Perdana Menteri Na-Ranong Kittiratt mengatakan kenaikan pajak ini akan meningkatkan pendapatan pemerintah dan membantu mencegah orang minum minuman keras dan merokok.(Bkk/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *