Kebijakan Daerah Peristiwa

Terlibat Kasus Narkoba, Anggota Polres Semenep Dipecat

Polri

Sumenep – Salah seorang anggota Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, dengan inisial “D” diusulkan diberhentikan dengan tidak hormat dari kesatuannya karena, mangkir dari tugas selama berbulan-bulan dan terbelit kasus narkoba.

Kapolres Sumenep, AKBP Susanto, Jumat (31/12), menjelaskan, pihaknya telah menggelar sidang komisi kode etik polisi (KKEP) kepada ‘D’ beberapa waktu lalu.

“Hasil sidang KKEP menjatuhkan hukuman berupa pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) kepada ‘D’. Pelanggaran yang dilakukan ‘D’ adalah mangkir dari tugas selama berbulan-bulan dan terbelit kasus narkoba. Kami telah mengusulkan PTDH bagi ‘D” kepada pimpinan Polda Jawa Timur,” katanya di Sumenep.

Saat ini, kata dia, pihaknya menunggu putusan dari pimpinan Polda Jawa Timur terkait usulan PTDH bagi “D”.

“Sebelum menggelar upacara PTDH bagi anggota yang sudah dijatuhi hukuman PTDH oleh sidang KKEP, kami harus menunggu keluarnya surat keputusan dari pimpinan,” ucapnya mengungkapkan.

Kapolres Susanto juga mengemukakan, selama tahun 2010 terdapat 36 anggotanya yang indisipliner.

Rinciannya, pelanggaran disiplin dilakukan oleh 29 personel, pidana oleh tiga personel, dan kode etik polisi oleh empat personel.

“Anggota yang dinilai melakukan pelanggaran kode etik polisi langsung disidang KKEP. Untuk sementara, dari empat anggota yang disidang KKEP itu baru satu yang diputuskan menerima hukuman berupa PTDH, yakni ‘D’,” kata Kapolres Susanto menuturkan.(Ant)