Berita Internasional Kebijakan Global Peristiwa

Tentara Sita Alat Pelontar Obat di Perbatasan AS-Meksiko

Trebuchet catapult

Meksiko (27/1) – Pasukan keamanan Meksiko dibantu pasukan AS yang menjaga wilayah perbatasan AS-Meksiko, Jumat (21/1) berhasil mengamankan barang dan kendaraan yang digunakan kartel penyelundup narkoba dari Meksiko ke Amerika Serikat (AS).

Adapun barang dan kendaraan yang disita ini berupa sebuah alat pelontar atau trebuchet catapult yang digunakan para penyelundup untuk melontarkan narkoba dari wilayah Meksiko ke wilayah negara bagian Arizona, AS.

Dengan alat pelontar ini para penyelundup narkoba tidak harus menggali terowongan ataupun merusak pagar seperti yang selama ini terjadi di perbatasan kedua negara.

Selain menyita alat pelontar narkoba tersebut, pihak keamanan Meksiko juga menyita sebuah kendaraan jenis SUV beserta 45 pound atau sekitar 20,4kg ganja.

Menurut medicalmarijuana411.com kejadian ini terlihat seperti adegan langsung dalam film Monty Python, dimana tentara Meksiko merebut jalur perdagangan yang diyakini digunakan bagi transaksi obat-obatan terlarang yang melintasi perbatasan Amerika – Meksiko.

Berdasarkan informasi dari video pengawasan patroli Amerika di wilayah perbatasan, pasukan penjaga nasional dikerahkan untuk membantu menjaga perbatasan Amerika.

Dalam sebuah rekaman video yang dokumentasi Tucson Sentinel menunjukkan bahwa beberapa orang sedang melakukan aktifitas menggunakan alat berat, mencoba menurunkan balutan benda berbentuk balok besar. Benda tersebut terpasang pada sebuah trailer dan diseret menuju perbatasan Amerika Serikat.

“Pemandangan tersebut tampak seperti ketapel yang digunakan pada perang di abad pertengahan,” ujar David Jimarez, petugas patroli perbatasan wilayah Tucson pada Reuters.

“Saya belum pernah melihat yang seperti ini selama menjadi petugas patroli di perbatasan, walaupun tim kami walaupun kami terlatih untuk menangani hal-hal yang mungkin terjadi di wilayah perbatasan.”

Salah satu anggota angkatan bersenjata Meksiko yang tidak bersedia disebutkan namanya menyatakan pada reporter stasiun televisi Arizona, KVOA, benda berbentuk ketapel dengan tinggi 3 yard itu diperkirakan memuat 4.4 pounds ganja dalam sekali lontar.

Sekelompok orang yang menggunakan alat berat tersebut melarikan diri sebelum tentara perbatasan Meksiko sempat menangkap mereka.(MM/Pez/Gen)