Berita Internasional

Temuan Kokain Dalam Telur Paskah

Los Angeles – Pihak berwenang AS, Senin (27/12), menyatakan mereka menangkap seorang pria yang berusaha menyelundupkan kokain ke Amerika Serikat dengan menyamarkannya sebagai gula-gula telur Paskah.

US Immigration and Customs Enforcement (ICE) mengatakan Esteban Galtes (23) ditangkap Kamis (23/12) larut malam di Bandar Udara Internasional Los Angeles, setelah beberapa agen federal yang menggeledah tasnya, yang berukuran besar, menemukan lebih dari enam kilogram kokain, sebagian disembunyikan di dalam permen pastel berbentuk telur.

Galtes, yang baru pulang dari perjalanan selama satu pekan ke Kolombia, memberi tahu agen tersebut bahwa permen itu buat dua anaknya.

Sisa narkotika tersebut disembunyikan di satu bagian kopernya. ICE menyatakan kokain itu diperkirakan bernilai lebih dari 100.000 dolar AS.

Galtes tampil di pengadilan federal Los Angeles pada Senin. Jika terbukti bersalah atas tuntutan penyelundupan narkotika, maka ia menghadapi ancaman hukum penjara seumur hidup.

“Penyelundup narkotika selalu mencoba cara baru untuk menyembunyikan barang selundupan mereka,” kata Claude Arnold, agen khusus yang bertugas melakukan penyelidikan di ICE di Los Angeles.

“Tapi kokain yang disamarkan sebagai permen paskah adalah salah satu taktik yang tak terlalu umum yang kami hadapi. Tentu saja, dua hari sebelum Natal, tersangka tersebut tak mengira perjalanannya akan berakhir saat petugas federal melakukan perburuan telur paskah.”(Ant)