Peristiwa

Tahanan Lapas Kediri Coba Selundupkan Narkoba

Lembaga Pemasyarakatan

Kediri – Upaya penyelundupan narkotika dan obat terlarang jenis pil double L ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kediri, Jawa Timur, berhasil digagalkan oleh petugas Lapas.

Menurut Kepala Lapas Kelas II A Kediri, Subiyantoro, penggagalan ini berawal dari kecurigaan petugas Lapas kepada IR (29) saat usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri pada Senin (4/7).

“Pil-pil tersebut ditemukan tersimpan rapi berbungkus plastik di alas kaki milik IR. Ketika diperiksa petugas, dia terlihat takut dan gugup, tidak seperti orang umumnya berjalan,” ujar Subiyantoro, Selasa (5/7).

Dari pengakuan tersangka saat diinterogasi oleh Kepala Lapas, dia memperoleh pil dari temannya usai menjalani sidang. Selama ini, OM menjadi tahanan Lapas sejak bulan Maret lalu karena kasus narkotika.

Dalam sidang  di PN Kediri itu, IR mendapat vonis 1,3 tahun penjara oleh hakim karena kasus kepemilikan narkotika dan dikenai sanksi dari Pasal 196 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Kami memberi sanksi khusus yaitu tidak diperbolehkan bertemu dengan keluarga untuk sementara waktu. Dia ditempatkan di sel khusus,” tambah Kalapas. (AM/IH)