Susu Biji Ganja Bermanfaat Kurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

May 8th, 2011

Susu Ganja (Hemp Milk)

Los AngelesHemp, jenis tanaman ganja berkadar THC rendah akhir-akhir banyak menyita perhatian publik, bukan karena kontroversi penggunaan rekreasional ganja. Produk makanan berbahan dasar hemp, yang tidak mengandung THC, ramai dipuji oleh banyak kalangan sebagai bermanfaat tinggi bagi kesehatan.

Pada sebuah episode “The Doctor Oz Show”,  Dr. Mehmet Oz seorang dokter terkenal yang juga kontributor The Huffington Post mengungkapkan manfaat kesehatan susu biji ganja jenis hemp (hemp milk), yang didapatkan dengan cara menghancurkan biji hemp dan mencampurnya dengan air.

Doctor Oz mengakui, susu hemp adalah susu alternatif kegemarannya. Sementara Samantha Heller, RD seorang ahli nutrisi, membahas tentang manfaat susu hemp yang telah diteliti.

“Susu hemp adalah sumber sempurna dari asam lemak Omega 3 yang telah diteliti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak,” ungkap Samantha.

Selain mengandung Omega 3 yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa hemp mengandung asam lemak Omega 6 dalam jumlah besar, juga mengandung seluruh jenis asam amino esensial.

Asam amino membentuk protein dalam tubuh dan merupakan kunci perbaikan jaringan tubuh, selain berpengaruh pada pertumbuhan tubuh secara keseluruhan.

Dr. Andrew Weil, seorang dokter dan ahli pengobatan integratif menyatakan, biji hemp tidak mengandung THC.  Dr. Andrew Weil yang merupakan pendiri dan Direktur Program The Arizona Center for Integrative Medicine menjelaskan dengan detail kandungan biji hemp.

Dr. Weil mengungkap biji hemp mengandung asam lemak esensial Omega 6 dan Omega 3 dalam rasio 3 berbanding 1.  Biji hemp juga mengandung zat-zat nutrisi lain seperti magnesium, fitosterol, asam askorbat, beta karoten, kalsium, serat, zat besi, potasium, fosfor, riboflavin, niasin dan tiamin.

Dr. Weil menambahkan, protein yang dikandung hemp tidak mengandung phytates, sebuah senyawa penghambat enzim yang ditemukan dalam beberapa jenis protein kedelai. Phytates dapat mengacaukan asimilasi mineral-mineral esensial. Protein hemp lebih mudah dicerna dari protein kedelai karena tidak mengandung oligosakarida, senyawa kompleks gula yang dapat mengakibatkan perut kembung bila tidak dicerna secara sempurna.

Susu hemp mulai dipasarkan di AS pada 2007. Karena penanaman hemp ilegal di AS, maka para produsen susu hemp mengimpor biji hemp yang ditanam petani Kanada.

Susu hemp dijual dalam rasa coklat, vanilla, juga rasa asli yang dikemas dalam kemasan tetrapak. Kemasan susu hemp tidak perlu disimpan dalam lemari pendingin selama belum dikonsumsi. Kemasan susu hemp berukuran 1 liter dihargai 4 USD atau sekitar Rp. 34.000. (huft/wk/YS)

Komentar

Iptek