Berita Berita Internasional Sosok

Steve Jobs: Menggunakan LSD Adalah Salah Satu Hal Terbaik Yang Pernah Saya Lakukan

Steve Jobs

Palo Alto – Kematian Steve Jobs, pendiri dan CEO Apple, telah menyentuh hati masyarakat dunia. Foto-foto semasa hidup Jobs tersebar luas melalui jutaan produk MacBook, iPad, iPhone, dan produk-produk revolusioner lain yang telah dirancang dan dipasarkan Jobs dengan jenius.

Jobs kini disejajarkan dengan Thomas Edison dan Henry Ford. Media mendongkrak kepopuleran Steve Jobs dengan terus menerus mempublikasikan nasehat-nasehat terkenal yang pernah diungkap oleh Steve Jobs selama 40 tahun karirnya yang cemerlang. Salah satu nasehat Jobs yang paling terkenal adalah, “Waktumu terbatas, jadi jangan pernah kau membuang waktu dengan menjiplak kehidupan orang lain.”

Salah satu pengakuan paling populer yang pernah dinyatakan oleh Jobs adalah kecintaannya pada NAPZA psychedelic LSD. Pernyataan tersebut diungkap dalam buku sejarah populer tentang terbentuknya komputer personal “What the Dormouse Said: How the Sixties Countercultre Shaped the Personal Computer” yang ditulis John Markoff, reporter bidang teknologi New York Times. Buku yang ditulis Markoff pada 2005 ini mengutip pengakuan Jobs,”Menggunakan LSD adalah salah satu dari dua atau tiga hal terpenting yang sudah saya lakukan dalam hidup ini.”

Bahwa Jobs menggunakan LSD dan merasakan pengaruh berarti LSD dalam menghasilkan pemikiran-pemikiran luar biasa dibidang teknologi komputer, ternyata banyak dialami para jenius komputer lainnya. Menurut Markoff, NAPZA pyschedelic mendorong revolusi komputer dan internet dengan menunjukkan pada masyarakat bahwa hal-hal nyata dapat diubah melalui cara-cara tak biasa, melalui pemikiran yang sangat intuitif.

Pemikiran yang berbeda atau Think Different, slogan Steve Jobs, adalah salah satu pengalaman yang dihasilkan saat menggunakan LSD. “Ketika saya menggunakan LSD dan mendengarkan sesuatu, itulah ritme yang sesungguhnya. LSD membawa saya ke dunia berbeda, ke sebuah tempat dimana otak saya berhenti berfikir dan mulai memahami,” ujar Kevin Herbert, pelopor Cisco System, sebuah perusahaan global produsen perangkat keras jaringan internet dan intranet.

Jobs juga mengatakan, bahwa Bill Gates akan dapat melakukan sesuatu yang lebih bila saja ia mau mencoba menggunakan LSD. Sementara Bill Gates dalam sebuah wawancara dengan majalah Playboy pada 1994 tidak menyangkal bahwa ketika remaja ia pernah mencoba-coba memakai LSD.(YS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *