Kebijakan Global

Spanyol Larang Merokok di Cafe dan Rumah Makan

No Smoking

Madrid – Terhitung mulai 2 Januari 2011, warga Spanyol tidak diperbolehkan merokok di kafe, restoran dan bar. Selain itu, ada pula larangan mengenai tayangan iklan dan adegan merokok di televisi.

Larangan baru tersebut menyusul larangan merokok di kawasan-kawasan rumah sakit dan tempat bermain di sekolah. Undang-undang baru yang diloloskan oleh Parlemen Spanyol itu bertujuan untuk memperketat larangan merokok.

Para pengusaha restoran, kafe dan bar mengecam undang-undang yang diajukan oleh Perdana Menteri Jose Luis Rodriguez tersebut. Dalam undang-undang yang lama aturan tentang merokok diserahkan kepada pemilik restoran.

Undang-undang tentang larangan merokok di tempat tertutup pernah disahkan empat tahun yang lalu. Namun restoran tidak masuk dalam kawasan dilarang merokok.

Para dokter menyatakan, undang-undang baru ini akan membantu menghentikan kebiasaan merokok. Wartawan media setempat mengatakan bahwa angka kematian akibat rokok di Spanyol mencapai 160 orang per hari.

Di lain sisi, pengusaha restoran, kafe dan bar menghawatirkan bahwa undang-undang ini akan mempersulit dunia usaha yang telah mengalami penurunan 15% akibat resesi.(BBC/IH)