Berita Nasional Kebijakan Nasional

SK Remisi Corby Masih di Jakarta

Denpasar – Surat Keputusan (SK) menyangkut pengurangan masa tahanan atau remisi umum untuk perempuan terpidana kasus narkoba dari Australia, Schapelle Leigh Corby, masih di Pemerintah Pusat, Jakarta.

“Kami belum bisa perkirakan kapan SK itu akan turun, karena itu kewenangan Pusat,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Kerobokan Denpasar, I Gusti Ngurah Winarta, di Denpasar, Jumat (17/8).

Menurut dia, hal itu terkait dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2006 yang menyatakan keputusan pemberian remisi umum kepada semua narapidana yang tersangkut kasus narkoba, terorisme, pembalakan liar kayu, dan kejahatan transnasional diatur Pemeritah Pusat.

Pihak Lapas Kerobokan mengusulkan enam bulan remisi serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Proklamasi RI kepada Corby, karena menurut Winarta, yang bersangkutan sudah memenuhi syarat untuk diusulkan mendapat remisi lantaran berkelakuan baik dan mengikuti kegiatan dalam lapas.

“Kalau sekarang diusulkan remisi enam bulan, pasti tahun 2011 lalu ia mendapat lima bulan. Tahun belakangan tetap akan mendapat enam bulan karena batas maksimalnya remisi enam bulan,” ujarnya.

Namun, sosok Corby tidak nampak dalam perayaan HUT ke-67 RI di Lapas Kerobokan.

Pihak lapas mengungkapkan bahwa warga binaan asal Australia itu mengalami trauma dengan kamera liputan pers, dan lebih memilih berdiam di dalam selnya di Blok Wanita Wijaya Kusuma.

Apabila dikabulkan usulan remisi ketujuhnya, maka Corby akan bebas pada 24 Maret 2017.

Selain Corby, ada tujuh narapidana asing lainnya juga mendapat usulan remisi. Mereka diantaranya Renae Lawrance berasal dari Australia, Peter Achim (Jerman), Garcia Jean Marc (Prancis), Lem Tiam Soon (Malaysia), Gary Martin (Inggris), Mohammad Umar (India), dan Ryoun Seong Sik (Korea).

Mereka diusulkan mendapatkan remisi khusus dengan rentang masa pengurangan tahanan mulai satu hingga enam bulan, katanya menambahkan.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *