Berita Nasional Kebijakan Daerah

SK Remisi Bagi Corby dan Lawrence Belum Turun

Denpasar, NapzaIndonesia.com – Surat keputusan pemberian remisi bagi “ratu mariyuana”, Schapelle Leigh Corby terpidana kasus penyelundupan 4,2kg mariyuana dari Australia dan Renae Lawrence terpidana kasus penyelundupan heroin cair dalam kasus “Bali Nine” dipastikan belum turun. Adapun kepastian ini diberikan Kepala Lapas Denpasar, Siswanto kepada NapzaIndonesia.com di Denpasar, Rabu (17/8).

Menurut Siwanto, pihaknya belum mendapat penjelasan resmi dari atasannya terkait belum turunnya surat keputusan remisi bagi kedua warga negara Australia yang sempat menghebohkan kedua negara sepanjang tahun 2005-2006 silam tersebut.

“Keduanya merupakan bagian dari 76 warga binaan yang SK (surat keputusan) remisi umum dengan kasus khusus-nya belum turun. kami belum dapat memastikan kapan turunnya SK tersebut, tetapi akan secepatnya ada kejelasan,” papar Siswanto.

Selain Corby dan Renae, juga ada warga binaan warga negara asing yang diusulkan mendapat remisi yakni Umar Rangeswami, Gary Martin Turner, dengan usulan mendapat remisi satu bulan, Teo Gee Huat, Jacky Khor asal Malaysia diusulkan mendapat remisi dua bulan, dan Ryon Song Sik.

Remisi umum dengan kasus khusus ini umumnya diberikan kepada narapidana yang tersangkut kasus terorisme, narkoba, korupsi, kejahatan terhadap keamanan negara, kejahatan HAM berat, dan kejahatan transnasional terorganisir lainnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.28 Tahun 2006.

Sedangkan remisi umum yang diberikan kepada warga binaan Lapas Denpasar secara keseluruhan yakni sebanyak 226 orang yang sudah menerima hari ini, dan 76 orang napi yang sudah diusulkan namanya.

Untuk diketahui, jumlah warga binaan yang mendapat remisi HUT kemerdekaan RI dari lapas di seluruh Bali yakni total 650 orang, dan 40 napi yang mendapatkan remisi bebas.

Dalam upacara peringatan kemerdekaan RI ke 66 ini remisi diserahkan langsung Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan langsung diterima oleh beberapa warga binaan yang tercatat mendapatkan remisi.(Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *