Berita Nasional Peristiwa

Sindikat, Gagal Selundupkan Ekstasi dalam Kemasan Teh

ekstasi 275_157Surabaya РBeragam cara digunakan sindikat narkoba untuk mengelabui aparat kepolisian. Seperti yang dilakukan sindikat dari Taiwan, yang mencoba memasok ekstasi  jenis happy five untuk dipasarkan di Jawa Timur.

Dari Taiwan, ekstasi ini dimasukan ke dalam kotak produk kemasan teh sebelum akhirnya dipaketkan dan dikirim ke Surabaya.

Setibanya di Surabaya, paket tersebut tengah ditunggu untuk diambil salah satu anggotanya, yakni CY (32 tahun) warga negara asing asal Taiwan.

Namun, rencana untuk memasarkan obat-obat tersebut pun batal, setelah Polda Jawa Timur berhasil meringkus CY saat keluar dari kantor pos Jalan Kebonrojo, Surabaya pada Sabtu (23/1).

“Untuk mengelabui petugas ini dimasukkan dalam kemasan teh dicampurkan. Tapi CY berhasil diringkus setelah keluar mengambil paket dari kantor pos,” tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol Raden Prabowo Argo Yuwono dalam konfensi pers, Selasa (26/1).

Untuk mencari tahu pemasok asal serta kemungkinan mereka sebagai sindikat pengedar narkoba internasional, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dari tangan tersangka turut diamankan sejumlah barang bukti berupa 60.042 butir happy five dengan berat keseluruhan 10.807 gram yang dimasukan ke dalam kemasan produk teh. Serta enam butir ekstasi belogo LV yang dimasukan dalam kondom.

Atas tindakan tersebut CY dikenakan ancaman hukuman pidana 4-12 tahun penjara serta denda paling minimal Rp 800 juta dan maksimal Rp 8 miliar.(Republika.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *