Hukum

Simpan Ganja, Warga Jerman Terancam Dibui 4 Tahun

PN Denpasar

Denpasar – Andreas Wolfgang Binder (33), warga Jerman yang menjadi terdakwa kasus narkotika, diancam hukuman empat tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Denny Iswanto dalam persidangan di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis (5/5).

“Sebagaimana diatur dalam UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika, saudara Andreas Wolfgang Binder didakwa pasal 111 ayat 1 atau pasal 127 ayat 1 huruf a, dengan ancaman hukuman paling singkat empat tahun,” ujar JPU Denny Iswanto saat membacakan surat dakwaan dihadapan Majelis Hakim Amzer Simanjuntak.

Sebelumnya, terdakwa ditangkap oleh petugas polisi pada 20 Januari 2011 di Hotel Kedin’s Inn 2, tepatnya kamar No 17, Jalan Poppies I  Gang Surga, Kuta, Bali.

Terdakwa ditangkap karena kedapatan menyimpan ganja seberat 1,26 gram di kamarnya. Awal penangkapan terhadap terdakwa yakni berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar Kuta, bahwa ada warga asing yang menggunakan narkoba.

Kemudian polisi melakukan penyelidikan dan menggerebek kamar hotel terdakwa. Saat digeledah di baju terdakwa tidak ditemukan barang bukti, namun saat petugas menggeledah kamar terdakwa ditemukan sebuah tas kertas yang di dalamnya berisi tembakau merek violin, dan di dalamnya ditemukan satu plastik klip yang berisi biji, batang dan daun ganja kering dengan berat bersih 1,26 gram.

Kepada polisi, terdakwa mengaku bahwa barang haram itu adalah miliknya yang dibeli dari seseorang berinisial CAP dengan harga Rp300 ribu. (Ant/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *