Peristiwa

Shabu Senilai 12 Miliar Rupiah Dimusnahkan Polda Sulawesi Selatan

Kepolisian Republik Indonesia

Makassar – Barang bukti beruba shabu senilai 12 miliar rupiah dimusnahkan oleh Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan pada Kamis (13/10).

Barang bukti seberat enam kilogram ini terdeteksi oleh alat milik Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kepabeanan Makassar di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
“Narkotika ini ditemukan pada salah satu bagasi penumpang Air Asia rute Kuala Lumpur Malaysia-Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, pada bulan Juli lalu sekitar pukul 16.30 wita,” ujar Kapolda Sulselbar Irjen Pol Johny Wainal Usman.

Usman menambahkan bahwa shabu ini diselundupkan ke Makassar dalam barang bawaan penumpang yang diketahui merupakan warga negara Hongkong bernama Ho Ka Che (46). Saat ini pelaku belum berhasil ditangkap, namun keberadaannya masih terus ditelusuri dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Sulselbar.

“Penyelidikan selama kurang lebih tiga bulan ini, kami belum bisa meringkus pemilik sabu enam kilogram ini karena pelaku merupakan warga negara asing (WNA) dan hanya mampu mengamankan barang buktinya,” ujar Usman.

Saat ditemukan, shabu seberat enam kilogram ini terbagi dalam tiga paket, masing-masing seberat dua kilogram lebih, yang disimpan dalam kotak makanan dan dimasukkan dalam sebuah ransel oranye.

Hasil uji Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB) di Jakarta memastikan bubuk putih itu merupakan metamphetamine HCL atau shabu.

Usman menjelaskan bahwa pemusnahan barang bukti ini dilakukan di halaman Kantor Polda Sulselbar di Jalan Perintis Kemerdekaan km 17.(IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *