Berita Internasional Berita Selebriti Kebijakan Mancanegara

Setelah Kematian Prince, Dinas Pemadam Kebakaran Minneapolis Dilengkapi Naloxone

Minneapolis – Dinas Pemadam Kebakaran Minneapolis mengumumkan pada Selasa (3/5) bahwa para anggota mereka kini akan dilengkapi dengan Narcan (merk dagang Naloxone), substansi yang digunakan untuk membalikkan reaksi overdosis heroin dan opiat.

Juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran menerangkan, bahwa unit respon cepat mereka telah dilatih untuk memberikan substansi tersebut pada klien yang membutuhkan, sedangkan pembiayaan ditanggung oleh Badan Layanan Metropolitan Minnesota.

“Ini adalah cara lain unit respon cepat kami untuk dapat menyelamatkan nyawa,” demikian pernyataan Walikota Betsy Hodges. “Karena penggunaan dan penyalahgunaan opiat kian meningkat akhir-akhir ini, demikian juga overdosis opiat. Dinas Pemadam Kebakaran Minneapolis dapat memainkan peran penting dalam pencegahan overdosis menjadi fatal.”

Tahun 2015 lalu, dilaporkan terjadi 336 kasus kematian akibat penggunaan opiat.  Kematian Prince belum lama ini, serta adanya laporan tentang kemungkinan Prince mengalami ketergantungan opiat telah membuat isu adiksi, perawatan ketergantungan dan pencegahan overdosis menjadi pusat perhatian masyarakat. (Yvonne Sibuea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *