Berita Berita Internasional

Sepuluh Tahun Fasilitas Menyuntik Insite: Dua Juta Pengunjung, Angka Kematian Nol

Fasilitas Menyuntik Steril - Insite Vancouver
Fasilitas Menyuntik Steril – Insite Vancouver

Vancouver – Seorang lelaki menyuntikkan NAPZA disebuah gang kecil dan kumuh menggunakan air kotor. Sementara seorang lelaki lain ditemukan meninggal di kursi goyang dengan sebuah jarum masih tertancap di lengannya. Tak terhitung jumlah orang yang mengalami overdosis dan meninggal seorang diri di kamar-kamar hotel murah yang tersebar di seputar Downtown Eastside.

Seperti itulah wajah adiksi terlihat pada Downtown Eastside Vancouver sebelum Insite, ruang menyuntik legal yang dilengkapi dengan supervisi tenaga medis dibuka di wilayah tersebut. Ruang menyuntik aman ini merupakan fasilitas pertama yang dilegalkan di Amerika Utara, ungkap Mark Townsend dari Portland Hotel Society yang membantu mengoperasikan Insite.

Tetapi sepuluh tahun kemudian, walaupun tentangan dari pemerintah federal konservatif terus berlanjut, wajah adiksi menjadi lebih cerah.

“Kami membawa pengguna NAPZA untuk menggunakan fasilitas menyuntik di Insite. Benar-benar luar biasa menurut saya,” Townsend menceritakan perasaannya pada reporter Metronews pada Kamis (19/9) dalam wawancara menyambut 10 tahun keberadaan Insite pada hari ini (21/9).

Tak ada satu kematianpun yang terjadi selama dua juta kunjungan pengguna NAPZA yang diawasi perawat dan konselor Insite yang teliti. Keberadaan Insite bisa diwujudkan karena adanya dukungan dari komunitas pengguna NAPZA, pemerintah kota dan provinsi yang memutuskan ” berhenti memperlakukan pengguna NAPZA seperti hewan “, imbuh Townsend lagi.

Sikap masyarakat terhadap fasilitas Insite telah berubah secara dramatis sejak saat pertama kali dibuka. Minggu ini, petugas kepolisian Vancouver mengumumkan dukungan mereka dengan merekomendasikan pengguna NAPZA untuk mengunjungi Insite demi mencegah kematian.

Statistik membuktikan, Insite berhasil mengurangi dampak buruk penggunaan NAPZA selama sepuluh tahun terakhir.

Harapan hidup meningkat dalam kurun waktu sepuluh tahun, angka infeksi HIV menurun drastis di lingkungan Downtown Eastside dan klien yang mengunjungi Insite cenderung lebih mudah untuk diajak mengikuti program detoksifikasi.

Diluar hasil-hasil riset yang menunjukkan keberhasilan misi Insite, pemerintah Kanada dibawah kepemimpinanan PM Stephen Harper mengajukan gugatan pada fasilitas Insite, demi menjalankan agenda politik ” berlaku keras pada kejahatan”. Tetapi upaya-upaya menutup fasilitas Insite berhasil digagalkan oleh Mahkamah Agung Kanada.

Kota-kota lain termasuk Toronto, berharap dapat membuka fasilitas menyuntik aman serupa Insite. Sementara masih terjadi perdebatan sengit antara pemerintah federal ketika membahas pendanaan fasilitas pengobatan dan pencegahan penggunaan NAPZA, jelas Townsend mengakhiri wawancara (mtr/YS)