Berita Nasional Peristiwa

Seorang Warga Binaan Kasus Narkotika Lapas Kedungpane Meninggal

Semarang – Warga Binaan atau narapidana kasus narkotika di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kedungpane Semarang, ditemukan meninggal dunia pada Senin (5/3) sekitar pukul 09.00 WIB.

Sony Moradi (39) yang ditahan di Lapas Kedungpane karena kasus shabu ini beberapa hari sebelumnya, sering mengeluh sakit nyeri pada bagian dada kepada temannya sesama warga binaan dan telah berulang kali disarankan agar menjalani pemeriksaan di poliklinik.

Yubaidi (27), teman korban dalam keterangannya kepada pihak kepolisian menyebutkan bahwa Sony sempat terjatuh di dalam sel usai mandi dan sempat dibawa oleh napi lain ke pendapa lapas untuk mendapat pertolongan. Korban sempat diperiksa oleh dokter poliklinik Lapas, namun tidak tertolong.

Menurut hasil penyelidikan sementara yang dilakukan Polsek Ngaliyan, tidak ditemukan tanda-tanda bekas kekerasan atau penganiayaan pada tubuh korban.

“Hasil sementara, korban meninggal akibat serangan jantung,” ujar Kompol Slamet, Kapolsek Ngaliyan.

Sementara Kepala Lapas Kedungpane Nyoman Putra Surya Atmadja membenarkan berita meninggalnya salah satu warga binaan kasus narkotika yang mulai menghuni Lapas sejak 15 Oktober 2010 ini.

“Menurut diagnosa dokter poliklinik Lapas, kesehatan korban mulai terganggu sejak tahun 2011. Terakhir menjalani pemeriksaan pada 15 Februari 2012,” ujar Nyoman.

Menurut Nyoman, pihak Lapas rutin melakukan pemeriksaan warga binaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sony yang divonis empat tahun ini baru menjalani hukuman selama 18 bulan di Lapas dan sudah mengikuti pemeriksaan kesehatan berkala selama tiga kali oleh dokter poliklinik.

Setelah menjalani pemeriksaan untuk kepentingan penyelidikan, jenazah diserahkan kepada pihak keluarga di Jalan Kranggan Dalam, Semarang Tengah. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *