Berita Lembaga Berita Nasional Kebijakan Daerah

Seorang Pengguna Napza di Surabaya Minta Direhabilitasi

BNN
BNN

Surabaya – Seorang pengguna napza asal Surabaya, AE, secara sukarela melaporkan diri ke Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur dan minta bantuan untuk direhabilitasi secara medis maupun sosial.

“AE secara sukarela melaporkan diri dan minta bantuan kepada kami untuk diberikan pelayanan rehabilitasi,” kata Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim, Eko Prastowo di Surabaya, Sabtu (3/5).

Prastowo menjelaskan, pengguna napza ini minta bantuan BNNP Jatim untuk mengatasi ketergantungannya terhadap narkoba melalui pelayanan rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

“Pecandu yang datang ke kami akan dilakukan assesmen terlebih dahulu oleh asesor BNNP guna mengetahui riwayat ketergantungan narkotika dan tingkat keparahannya,” kata Eko.

Selain itu, pecandu narkoba bersangkutan juga membuat surat pernyataan bersedia direhabilitasi.

“Setelah kami assesmen, maka pecandu itu kita kirim ke UPT BNN di Lido, Bogor,” ujarnya.

Setelah berada di UPT BNN di Lido, petugas balai besar rehabilitasi juga akan melakukan assesmen ulang sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan tindakan yang diperlukan.

“BNN memiliki empat tempat rehabilitasi yaitu Lido Bogor, Badokka Makasar, Tanah Merah Samarinda, dan Batam. Biaya perjalanan ke tempat rehabilitasi, proses rehabilitasi, dan biaya hidup selama rehab gratis,” kata Eko.

BNN memiliki program memberikan pelayanan rehabilitasi kepada korban penyalahguna dan pengguna napza yang ingin menjalani rehabilitasi dengan sukarela.

“Untuk itu, BNN menjangkau penyalahguna narkoba untuk direhabilitasi di Unit Pelayanan Terapi dan Rehabilitasi,” katanya.

Prastowo menambahkan rehabilitasi pengguna napza itu merupakan gerakan nasional dari BNN yang mencanangkan tahun 2014 sebagai tahun penyelamatan pengguna napza.

“Visi utama gerakan nasional adalah pecandu narkoba akan lebih baik direhabilitasi daripada dipenjara,” ucapnya.(Ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *