Berita Internasional Kebijakan Mancanegara Tembakau & Rokok

Senator AS Desak Pelarangan Atlet Baseball Mengunyah Tembakau di Lapangan

Texas – Empat Senator Amerika Serikat (AS) dan pejabat kesehatan dari kota-kota tempat penyelenggaraan pertandingan World Series Baseball, mendesak asosiasi pemain baseball untuk menyetujui larangan mengunyah tembakau saat pertandingan berlangsung dan terekam oleh kamera.

Salah satu dari empat senator ini adalah Dick Durbin, dari Illinois dan pejabat kesehatan dari St. Louis dan Arlington, Texas, dalam surat terpisah menyatakan permohonan serupa pada asosiasi pers, Selasa (18/10) waktu setempat. Seri kejuaraan dunia baseball dimulai pada Rabu (19/10) malam waktu setempat antara Texas Rangers dan St. Louis Cardinal.

Dalam surat pernyataan ini, para senator menyebutkan bahwa kebiasaan mengunyah tembakau yang dilakukan para pemain baseball membahayakan kesehatan mereka. Selain itu, para senator ini juga menilai bahwa menggunakan tembakau  tanpa asap juga akan mempengaruhi kesehatan jutaan anak-anak yang mengikuti teladan mereka.

Para senator memprediksi bahwa jutaan orang akan menonton seri kejuaraan dunia ini, termasuk anak-anak. Dikhawatirkan bahwa anak-anak dan remaja yang mengidolakan para pemain baseball ini juga akan mengikuti gaya hidup mereka menggunakan tembakau tanpa asap dengan mengunyahnya.

Dengan berakhirnya kontrak para pemain baseball ini pada Desember mendatang, para senator, beberapa pimpinan pemerintahan dan juga orang-orang dari kesehatan masyarakat melalui kampanye ‘Bebas Tembakau untuk Anak-Anak’ menginginkan poin pelarangan ini disertakan dalam kontrak selanjutnya.

Wacana ini telah dibahas sejak Maret lalu, namun belum memperoleh kesepakatan dengan asosiasi pemain baseball.

Beberapa pemain baseball menyetujui pelarangan ini, namun banyak pemain yang memandang pelarangan ini sebagai pelanggaran hak asasi mereka. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *