Berita Nasional Hukum Peristiwa

Selundupkan Shabu ke Bali, WN Inggris Divonis 20 Tahun

sidang narkoba

Denpasar – Seorang warga negara Inggris, Khuram Antonio Khan Garcia (39) divonis hukuman 20 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Denpasar pada Kamis (16/6) atas kasus penyelundupan shabu seberat tiga kilogram.

Vonis ini sesuai dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) DI Rindiyani. Selain hukuman penjara selama 20 tahun, Garcia juga dikenakan denda sebesar 1 miliar rupiah subsider penjara satu tahun.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan mengimpor narkotika golongan I yang beratnya melebihi 5 gram sebagaimana diatur dalam pasal 113 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar Istiningsih Rahayu, hakim yang memimpin persidangan.

Perbuatan terdakwa dinilai merusak generasi muda dan bertentangan dengan program pemerintah dalam memberantas narkoba dan merusak citra Bali sebagai daerah tujuan wisata.

Garcia ditangkap oleh petugas Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai Bali sesaat setelah turun dari pesawat Qatar Airways QR 636 dari Doha, pada November tahun lalu.

Ketika ditangkap, petugas menemukan barang bukti berupa shabu seberat hampir tiga kilogram yang disimpan dalam rongga dinding kopernya.

Dalam pemeriksaan oleh pihak kepolisian, Garcia yang diduga sebagai bagian dari jaringan narkotika internasional mengaku bahwa dirinya terpaksa menjadi kurir karena diancam oleh seseorang yang ditemuinya di Douala, Kamerun.

Terdakwa Garcia mengaku dijanjikan imbalan sebesar 3.000 Pounsterling atau sekitar 42 juta Rupiah dari orang tersebut,untuk membawa shabu tersebut ke Bali. (IH)