Berita Daerah Berita Internasional Hukum

Selundupkan Hashish, Morita Yuki Dituntut 15 Tahun

Denpasar – Morita Yuki (35), warga negara Jepang, terdakwa kasus penyelundupan narkotika golongan I seberat hampir 6 kilogram, dituntut 15 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Denpasar, Rabu (6/4).

Selain itu terdakwa juga dituntut denda Rp1 miliar, subsider 1 tahun.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinan melawan hukum karena telah memproduksi, mengimpor, mengekspor narkotika golongan I yang beratnya melebihi 1 kilogram, yakni 13 bungkus hasis dengan berat 5,922 gram,” ucap Jaksa Penuntut Umum (JPU), M.Darwis, saat membacakan tuntutan.

Dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim Agus Subekti ini, terdakwa dijerat dengan pasal 113 ayat 2 dan 112 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Atas tuntutan JPU ini, terdakwa memutuskan untuk mengajukan pembelaan atau pledoi  secara tertulis pada sidang berikutnya yang akan dilaksanakan Rabu (13/4) mendatang.

Morita Yuki ditangkap petugas Bea Cukai Bandara Ngurai Rai sesaat setelah turun dari pesawat Thai Airways dengan nomor penerbangan TG 431 pada Minggu 14 November 2010 sekitar pukul 15.00 Wita.

Terdakwa ditangkap karena telah membawa hasis seberat 5,922 gram yang disembunyikan dalam rongga dinding koper bagian dalam.

Dari pengakuan terdakwa sebelumnya, barang tersebut didatangkan dari Himachal Pladesh, India. Selain itu, Yuki juga mengaku membeli barang tersebut dari warga di India dengan harga 300 Rupee per 10 gram.(Ant/Gen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *