Advokasi Hukum

Selama 2010, 6300 Anak Terlibat Kasus Narkoba

Anak-anak dalam penjara

Denpasar – Selama 2010 ini, di Indonesia tercatat sekitar 6300 anak terlibat dalam masalah hukum dan sebagian besar terlibat dalam kasus penyalahgunaan narkotika. Namun dari jumlah tersebut hanya sekitar 2.300 anak yang menjalani masa penahanan di lembaga pemasyarakatan anak.

Kondisi yang cukup mengecewakan adalah dari 6300 anak yang terlibat dalam kasus hukum tersebut sekitar 47 persen diantaranya menjalani masa tahanan di lapas dengan bercampur dengan tahanan orang dewasa.

Deputi Perlindungan Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sutarti Sudewo, mengatakan bercampurnya tahanan anak dan dewasa menyebabkan anak sering menjadi korban kekerasan dan bahkan kekerasan seksual.

“Namun disatu sisi pemerintah tidak berkeinginan menambah jumlah lapas.” papar Sutartai Sudewo kepada NapzaIndonesia.com di Denpasar, Kamis (23/12).

Sutarti menyampaikan untuk memberikan perlindungan pada anak yang terlibat kasus hukum pemerintah tengah mengembangkan program keadilan restoratif.

“Untuk mengurangi penahanan anak ini kita adakan keadilan restoratif, diversi. Itu dalam proses penyidikan, kepolisian mempunyai kewenangan untuk melakukan rembug dan mediasi” ujar Sutarti Sudewo disela-sela Lokakarya Perlindungan Anak.

Sutarti Sudewo menambahkan Selain menjalani masa tahanan, anak-anak yang terlibat kasus hukum selama ini juga mengalami putus sekolah.(Mul)