Berita Internasional

Sedikitnya 50 Tewas Dalam Kerusuhan di Jamaika

jamaica1Kingston – Hingga Rabu (26/5), sedikitnya 50 orang tewas dalam bentrokan antara polisi dengan warga Kingston, Jamaika.

Bentrokan yang berlangsung sejak Minggu (23/5) ini, terjadi  pasca pengumuman pemerintah Jamaika yang akan segera mengkestradisi gembong penyelundup narkotika, Christopher Coke ke Amerika Serikat.

Pengumuman yang disampaikan Perdana Menteri Bruce Golding ini, membuat warga pendukung Dudus di dua distrik yakni Distrik Tivoli Gardens dan West Kingston di ibukota Jamaika meradang dan menyerbu kantor polisi setempat.

Hingga hari keempat bentroka masih terus berlanjut dan pasukan keamanan belum dapat meredakan kemarahan warga dan menguasai keadaan.

“Ada 35 mayat warga sipil di kamar mayat dan ketika kami tiba di sana semalam sembilan mayat lagi dikeluarkan dari ambulans.” ujar Herro Blair, salahsatu tokoh masyarakat setempat.

“Sebanyak 300 pria ditahan oleh polisi dan kondisi mereka saat ini tak diketahui,” papar Blair

Amerika Serikat meminta pengekstradisian Coke pada Agustus 2009, tapi pemerintah Jamaika menunda membuat keputusan sampai pekan lalu. Coke dituduh menyelundupkan narkotika ke negara “paman Sam” tersebut.(Ant)