Advokasi Berita Lembaga Berita Nasional

Samuel Nugraha Terpilih Menjadi Koordinator Persaudaraan Korban Napza Indonesia (PKNI)

Jakarta – Setelah melalui proses pemilihan yang cukup alot akhirnya Samuel Nugraha terpilih menjadi Koordinator Nasional (Kornas) Persaudaraan Korban NAPZA Indonesia (PKNI). Terpilihnya Samuel Nugraha atau yang lebih akrab dipanggil Sam ini, membangun harapan baru bagi para korban NAPZA di Indonesia.

Sam terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PKNI, yang berlangsung di Jakarta, 12-16 November 2009, dan dihadiri sedikitnya 50 peserta dari 13 provinsi di Indonesia.Dalam KLB PKNI ini, Sam dicalonkan PKNI wilayah Jawa Barat dan mendapat dukungan 8 provinsi dari 13 provinsi yang memiliki hak suara.

Sebelum memilih Koordinator Nasional, PKNI sebagai satu-satunya wadah berskala nasional bagi para pengguna napza di Indonesia mengalami kevakuman lebih dari sepuluh bulan akibat tidak adanya kepemimpinan dalam organisasi.

Selama Proses KLB PKNI, dilakukan pula pembenahan AD/ART organisasi, pemilihan Koordinator Nasional, dan penyusunan program kerja.

PKNI memiliki misi melakukan pendidikan kritis pada korban napza serta penyadaran kritis pada masyarakat dan pihak-pihak pelaksana kebijakan.

Misi lain PKNI adalah memperjuangkan terpenuhinya hak asasi manusia pada pengguna napza di Indonesia.

Organisasi yang berdiri pada 10 Juni 2006 di Bali ini, mengambil posisi sebagai pemerhati pelaksanaan kebijakan napza di Indonesia.

Berdirinya organisasi ini didasarkan pada keprihatinan korban napza pada stigma dan diskriminasi yang ditujukan pada orang-orang yang memiliki masalah ketergantungan pada napza, serta kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) pada komunitas pengguna napza yang  terjadi secara meluas di Indonesia.

Untuk diketahui saat ini PKNI memiliki perwakilan di tigabelas provinsi, antara lain: NAD, Sumatra Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, NTB, Bengkulu, & Sulawesi Selatan.(Uck/YS/Gen)

10 thoughts on “Samuel Nugraha Terpilih Menjadi Koordinator Persaudaraan Korban Napza Indonesia (PKNI)”

  1. selamat terpilih jadi konas dude..!! jgn lupa tugas berat di pikul bareng2 akan lbh mudah, advokasi terencana dan berkala hrs lbh di hajar…. oh ya dpt salam dari tmn2 methadone indonesia.. hehehhe

    OI!
    Jimmy Why

  2. Selamat atas terpilih nya Bung Sam menjadi kornas PKNI masa jabatan 2009-2012..!!!
    semoga menjadi titik awal dari sebuah perubahan kearah yang lebih baik untuk korban napza di Indonesia Bung !

    Greeting from West Java !

  3. sekarang propinsi Sulawesi Utara telah terbentuk PKNI dan juga kota manadonya udah ada jadi di Sulut ada PKNI DPD Sulut dan PKNI DPC kota manado, tinggal tunggu MUSDA dan MUSCAB…. tapi organisasinya dan program2 telah dibuat…

  4. kami d kalimantan barat ingin mendirikan PKNI. kami membutuhkan persyaratan-persyaratannya untuk mendirikan DPD PKNI kalimantan Barat. mohon bantuan dan informasinya, di tunggu sesegera mungkin>

  5. selamat buat sam. kami anak2 kalbar merencanakan pendirian PKNI KALBAR, kami membutuhkan dukungan dari PKNI Pusat.alasan kami : karena belum ada nya wadah untuk korban napza di kalbar, karena ini sangat perlu bagi yang aktif maupun non aktif, karena ini akan menjadi kegiatan yang sangat positif dan menjalin kekeluargaan koban napza di seluruh indonesia. kami butuh bantuan dan informasinya dari PKNI pusat. terima kasih atas bantuan nya.

  6. PKNI KalBar sudah berdiri, trima kasih buat Edo Nasution yg sudah mendukung dan teman2 kaltim,kpri,batam. JAYA SELALU PKNI..

  7. Apakah Untuk Aceh sudah ada PKNI? saya mau berpartisipasi, sejak 2009 saya sudah menjadi aktivis anti narkoba di aceh

  8. Mohon maaf sebelum nya perkenal kan nama lulu dian naomi erawti dari samarinda\ kalimantan timur.saya minta tolong jika berkenan saya ingin minta kontak nmer Hp abang ebbe.ada yang ingin sampai kan ke abang ebbe.makasih banyak sebelum nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *