Advokasi Berita Lembaga Berita Nasional

Samuel Nugraha Terpilih Menjadi Koordinator Persaudaraan Korban Napza Indonesia (PKNI)

Jakarta – Setelah melalui proses pemilihan yang cukup alot akhirnya Samuel Nugraha terpilih menjadi Koordinator Nasional (Kornas) Persaudaraan Korban NAPZA Indonesia (PKNI). Terpilihnya Samuel Nugraha atau yang lebih akrab dipanggil Sam ini, membangun harapan baru bagi para korban NAPZA di Indonesia.

Sam terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PKNI, yang berlangsung di Jakarta, 12-16 November 2009, dan dihadiri sedikitnya 50 peserta dari 13 provinsi di Indonesia.Dalam KLB PKNI ini, Sam dicalonkan PKNI wilayah Jawa Barat dan mendapat dukungan 8 provinsi dari 13 provinsi yang memiliki hak suara.

Sebelum memilih Koordinator Nasional, PKNI sebagai satu-satunya wadah berskala nasional bagi para pengguna napza di Indonesia mengalami kevakuman lebih dari sepuluh bulan akibat tidak adanya kepemimpinan dalam organisasi.

Selama Proses KLB PKNI, dilakukan pula pembenahan AD/ART organisasi, pemilihan Koordinator Nasional, dan penyusunan program kerja.

PKNI memiliki misi melakukan pendidikan kritis pada korban napza serta penyadaran kritis pada masyarakat dan pihak-pihak pelaksana kebijakan.

Misi lain PKNI adalah memperjuangkan terpenuhinya hak asasi manusia pada pengguna napza di Indonesia.

Organisasi yang berdiri pada 10 Juni 2006 di Bali ini, mengambil posisi sebagai pemerhati pelaksanaan kebijakan napza di Indonesia.

Berdirinya organisasi ini didasarkan pada keprihatinan korban napza pada stigma dan diskriminasi yang ditujukan pada orang-orang yang memiliki masalah ketergantungan pada napza, serta kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) pada komunitas pengguna napza yang  terjadi secara meluas di Indonesia.

Untuk diketahui saat ini PKNI memiliki perwakilan di tigabelas provinsi, antara lain: NAD, Sumatra Utara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Bali, NTB, Bengkulu, & Sulawesi Selatan.(Uck/YS/Gen)