Berita Nasional Peristiwa

Salah Satu Tersangka Kasus Ungaran Pasien IPWL

Semarang – Terkait dengan penangkapan empat pengguna NAPZA oleh Polres Ungaran, salah satu tersangka kasus kepemilikan ganja berinisial DZ (25) telah tercatat sebagai pasien Institusi Wajib Lapor (IPWL) di RS. Kariadi Semarang.

Informasi ini disampaikan oleh M. Taufan, petugas lapangan program pengurangan dampak buruk penggunaan NAPZA (Harm Reduction) untuk pengguna NAPZA suntik, Jumat (16/3) pada napzaindonesia.com.

“DZ mendaftar pada Institusi Wajib Lapor (IPWL) sejak Jumat (9/3), dua hari sebelum tertangkap di  daerah Ambarawa,” ujarnya.

Manfaat dari IPWL ini hingga saat ini masih diragukan oleh pengguna NAPZA di berbagai wilayah di Indonesia. Banyak komponen dalam pelaksanaan IPWL yang masih dipertanyakan oleh pengguna NAPZA, antara lain masalah keamanan identitas sebagai pasien dan kegunaan dalam proses hukum jika tertangkap oleh aparat hukum.

“Kasus ini dapat menjadi contoh apakah IPWL bermanfaat atau tidak bagi pengguna NAPZA dari sisi hukum,” ujar Yvonne Sibuea, kelompok advokasi kebijakan NAPZA PERFORMA menanggapi hal ini. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *