Hukum Peristiwa

Saksi Sudutkan Oknum Brimob Bandar Ekstasi

napza brimobAgus1
Persidangan Agus Hariyanto

Denpasar – Setelah pada Kamis (26/8) pekan lalu sempat ditunda karena ketidakhadiran saksi, akhirnya sidang lanjutan kasus kepemilikan 245 butir ekstasi dan beberapa paket shabu, milik mantan Bripda Agus Hariyanto, Kamis (2/9) siang kembali dilanjutkan kembali.

Persidangan yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar ini, menghadirkan saksi Nyoman Karmini, yang tidak lain adalah tetangga terdakwa oknum anggota Brimob Polda Bali dari kompi Brimob Mengwi.

Kepada Majelis Hakim, Nyoman Karmini menjelaskan tentang perilaku terdakwa dan juga istrinya yang cenderung tertutup yang nyaris tidak pernah bergaul dengan tetangga lainnya. Bahkan saksi sendiri tidak kenal dengan pasangan muda tersebut, kendati tinggal berdampingan dengan terdakwa.

Di depan persidangan, Nyoman Karmini menceritakan kesaksiannya saat diminta anggota polisi satnarkoba Polda Bali untuk menyaksikan pengeledahan di rumah kontrakan terdakwa.

“Saya melihat tiga anggota polisi, menemukan 50 butir tablet berwarna hijau muda di dalam kulkas, dan ada juga yang ditemukan di belakang kulkas yang dikemas dalam amplop kecil,” ungkap ibu muda ini Kepada Majelis Hakim dan Jaksa Penuntut Umum.

Atas keterangan saksi ini, Agus Heriyanto menyatakan keberatannya dan membantah kehadiran saksi saat dirinya menunjukan lokasi penyimpanan barang haram tersebut.

“Saya keberatan dengan keterangan saksi, karena saat saya menunjukan lokasi dimana saya menyimpan 75 butir ekstasi tersebut kepada petugas, saksi belum datang. Nah setelah polisi menemukan barang bukti itu barulah saksi dipanggil untuk menyaksikan dan menghitung jumlah temuan itu,” papar terdakwa yang telah diberhentikan dengan tidak hormat dari kesatuannya pada pertengahan agustus lalu.(G)