Berita Nasional Hukum

Saksi Nyatakan Terdakwa Kasus Ganja Adalah Pecandu

Salatiga – Pengadilan Negeri (PN) Salatiga pada Rabu (6/6) menggelar sidang kasus penyerahan ganja terdakwa AFM alias Erol. Pada sidang ini, majelis hakim yang diketuai oleh FX. Hanung Dwi W, SH MH mendengarkan keterangan dua saksi ahli yang memperkuat keterangan bahwa terdakwa merupakan pecandu NAPZA.

Saksi ahli pertama Robin Ilintutu, relawan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang pernah mendampingi terdakwa selama mengikuti kegiatan rujukan layanan kesehatan bagi pecandu NAPZA.“Meskipun terdakwa adalah pecandu, namun sebagai relawan ia melakukan banyak hal positif antara lain membantu kawan-kawan pengguna NAPZA di komunitasnya untuk mau memeriksakan kesehatannya. Termasuk mengajak dan melakukan tes HIV secara sukarela,” terang Robin dihadapan majelis hakim.

Keterangan bahwa terdakwa merupakan pecandu, dalam sidang ini diperkuat oleh saksi ahli yang menjelaskan tentang adiksi. Terdakwa dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) mengaku telah menggunakan ganja dan pil jenis dextro.

Penasehat hukum terdakwa saat ditemui oleh NapzaIndonesia usai sidang menyatakan bahwa kehadiran dua saksi ini diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan majelis hakim dalam menentukan vonis.

“Untuk menunjukkan bahwa terdakwa ini benar pecandu. Harapannya hakim akan memutus rehabilitasi mengingat terdakwa sudah 10 tahun lebih menggunakan NAPZA,” ujarnya. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *