Advokasi Peristiwa

“Safe Injecting Room” Kingscross Sydney Jadi Program Resmi New South Wales

Medically Supervised Injecting Centre - Sydney foto: napzaindonesia
Medically Supervised Injecting Centre - foto: napzaindonesia

Sydney – Komunitas pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain (NAPZA) di New South Wales Australia, NSW Users and AIDS Association (NUAA) dan Komunitas Pengguna NAPZA Suntik Nasional Australia, Australian Injecting and Illicit Drug User League (AIVL), hari ini (15/9) menyambut gembira pengumuman perubahan status Medically Supervised Injecting Centre (MSIC) yang berlokasi di Kingscross-Sydney.

MSIC adalah sebuah fasilitas menyuntik steril bagi pengguna NAPZA suntik yang diawasi oleh petugas medis.

Pemerintah New South Wales memberlakukan MSIC sebagai program uji coba sejak 2001, dan hari ini (15/9) mengumumkan untuk meningkatkan status MSIC sebagai program permanen.

Keputusan bersejarah ini menunjukkan besarnya niat pemerintah New South Wales dalam mendukung hak kesehatan dan hak asasi pengguna NAPZA suntik di Sydney.

Keberadaan MSIC berkontribusi sangat besar dalam usaha pencegahan penularan virus melalui darah. Dengan sarana ruang penyuntikan yang diawasi tenaga medis, risiko kematian akibat overdosis dapat dikurangi.

Presiden NUAA, Chris Huber menyatakan kelegaan atas keputusan pemerintah New South Wales. Komunitas pengguna NAPZA suntik tidak lagi mengkuatirkan kemungkinan terhentinya fasilitas tersebut.

“Jika mengingat kembali pada 2001 ketika layanan ini mulai dijalankan, saya terkesan melihat perkembangan MSIC sampai hari ini. Akhirnya bukti saintifik  telah memenangkan keraguan masyarakat yang masih mempertanyakan manfaat MSIC.

Layanan MSIC telah berhasil dipertahankan untuk kepentingan komunitas paling rentan dan termarjinalkan dalam masyarakat,” demikian imbuh Chris.

Selama ini komunitas pengguna NAPZA suntik sangat sering terpinggirkan dan tidak terjangkau oleh layanan kesehatan. Pengumuman pemerintah NSW hari ini menunjukkan penghargaan atas kehidupan setiap individu di New South Wales.

Annie Madden, Executive Officer AIVL menambahkan, “Saya sangat gembira dengan keputusan hari ini. Selama ini saya terlibat dalam pertemuan perumusan kebijakan NAPZA dan pengumuman hari ini menunjukkan bahwa pengguna NAPZA suntik adalah manusia yang memiliki hak atas layanan kesehatan. Kami memiliki data statistik, kami memiliki bukti kuat. MSIC sangat efektif dan hari ini kita mendapatkan mandat untuk meneruskan layanan yang menyelamatkan jiwa banyak orang”.

NUAA dan AIVL telah terlibat dalam kemitraan produktif dan kolaborasi dengan MSIC dan tetap akan melanjutkan kerjasama ini kedepannya.

Chris menyatakan, bahwa kemitraan adalah salah satu kunci sukses MSIC. Kemitraan yang menyatukan semua pemangku kebijakan termasuk NUAA adalah sebuah bukti bahwa komunitas pengguna NAPZA mampu bekerjasama untuk mendukung terwujudnya layanan penting ini.

Komitmen NUAA akan tetap berlanjut untuk memastikan keberlangsungan layanan MSIC dapat memenuhi standar kebutuhan komunitas pengguna NAPZA suntik.(AIVL-NUAA/IH/YS)