Berita Nasional Kebijakan Nasional

Ryass Rasyid: Pemerintah Tidak Akan Cabut Perda Miras

Ryaas Rasyid

Jakarta – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Bidang Pemerintahan dan Reformasi Birokrasi Ryaas Rasyid mengatakan Menteri Dalam Negeri tidak akan mencabut peraturan daerah tentang minuman keras.

“Mendagri tidak ingin itu dicabut, dia cuma ingin menilai mana yang sesuai dengan aturan dan mana yang tidak sesuai,” kata Ryass Rasyid usai Seminar Nasional “Otonomi Daerah Dalam Bingkai Demokratisasi dan Kesejahteraan Rakyat”, di Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (25/1).

Menurut Ryaas Rasyid, Perda minuman keras sebenarnya sudah berjalan sesuai dengan prosedur.

Selain itu, tidak mungkin dibuat pelarangan penjualan minuman keras di seluruh daerah karena ada tempat-tempat wisata.

“Bikin pelarangan terbatas. Ada pengecualian, di hotel-hotel, di restoran-restoran besar tetap bisa menjual,” katanya kepada AntaraNews.com.

Ia mengatakan, negara ini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan berlandaskan agama. Dengan demikian, tetap ada toleransi untuk kepentingan memroteksi masyarakat terhadap penyalahgunaan minuman keras.

“Banyak korban akibat minuman keras,” katanya.

Akan tetapi, pelarangan minuman keras ini tidak bisa bersifat total. Oleh karena itu, Mendagri sedang mempelajari pelaksanaan Perda minuman keras ini.

“Tetapi di luar ada provokasi seolah-olah perda minuman keras akan dicabut sehingga ramai dan terjadi demo,” katanya.(Ant/G)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *