Berita Daerah Kebijakan Daerah Tembakau & Rokok

Rugikan Masyarakat, Gubernur Jatim Tolak Pengesahan RPP Tembakau

Madiun – Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan atau RPP Tembakau menjadi Peraturan Pemerintah (PP), secara tegas ditolak oleh Soekarwo selaku Gubernur Jawa Timur.

Soekarwo menilai peraturan ini merugikan jutaan warga didaerah Jawa Timur. Menurutnya, pemerintah pusat membuat peraturan ini hanya karena imbas dari perang sistem ekonomi internasional yang hanya akan menguntungkan pihak-pihak tertentu.

Ia menerangkan jika rancangan ini disahkan, akan mengancam kehidupan petani tembakau, buruh pabrik rokok dan para pedagang rokok yang hidupnya bergantung pada tembakau.

“Ada sekitar 6,1 juta orang di Jawa Timur yang menggantungkan hidupnya dari tembakau. Ini bisnis, dan bisnis itu perang. Jadi perang terhadap sistem ekonomi internasional. Kalau saya, bagi yang tidak suka merokok ya biar. Sedangkan bagi yang suka merokok ya silakan asal di tempat yang telah disediakan sehingga tidak mengganggu. Gitu saja,” terangnya seperti diberitakan Antara, Kamis (26/7).

Ia menambahkan bahwa Jawa Timur berkontribusi mensuplai tembakau nasional hingga sebesar 33 persen. Ini yang menjadi salah satu alasan mengapa pihak-pihak terkait di Jawa Timur menyampaikan penolakannya kepada pemerintah sebelum RPP disahkan. (IH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *