Berita Lembaga

Responden Survey SPTB Dapat Kartu Periksa Gratis

Petugas mengambil sample darah responden penasun

Semarang – Memasuki pekan ketiga Survey Terpadu Biologis dan Perilaku (STBP) yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, tim survey telah mewawancarai sedikitnya 90 orang pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza) suntik atau penasun dari Semarang dan sekitarnya.

Dalam survey ini selain melakukan wawancara terhadap para penasun, tim survey juga mengambil sampel sampel darah para responden guna mengetahui potensi resiko HIV dan sipilis.

“Sampai hari ini saya belum menemui penasun yang menolak ketika akan diambil darahnya. Kalau itu sampai terjadi, maka dia harus dibujuk sampai mau,” papar Mey Heni Pujiastuti, salah seorang anggota tim survey penasun saat ditemui NapzaIndonesia.com, di Semarang, Senin (7/2) petang.

Dalam survey ini, setiap responden yang mengikuti proses wawancara dan pengambilan darah diberi kartu pemeriksaan HIV dan Infeksi Menular Seksual (IMS) gratis.

Kartu periksa gratis ini dapat digunakan selama proses survey berlangsung di dua rumah sakit di kota Semarang yang telah ditunjuk.

“Responden yang ingin tahu statusnya bisa menggunakan kartu tersebut untuk periksa gratis di RSUD Kota Semarang dan RS Tugurejo Semarang,”  imbuh Mey Heni.(IH/Gen)