Berita Internasional Hukum Kebijakan Mancanegara

Resepkan Obat Pereda Nyeri, Dokter di AS Dituntut atas Kematian Pasien

Los Angeles – Seorang dokter di Los Angeles County ditangkap dengan tuduhan melakukan pembunuhan setelah tiga pasiennya meninggal karena over dosis obat resep. dr Hsiu-Ying “Lisa” Tseng (42) tercatat sebagai dokter osteopathic di Rowland Heights, California, diduga menulis rata-rata 25 resep per hari selama tiga tahun terakhir untuk obat pereda nyeri adiktif seperti Oxycontin dan Vicodin.

Kejadian penangkapan dokter atas penyebab kematian pasiennya memang jarang terjadi. Meskipun demikian, ada beberapa kasus yang akhirnya mengajukan dokter sebagai tersangka pembunuhan. Contohnya dr. Conrad Murray yang dihukum karena pembunuhan disengaja atas kematian pasiennya, penyanyi Michael Jackson,” ujar James Acker, seorang profesor di Sekolah Peradilan Pidana di University of Albany, SUNY.

Pernyataan Acker dalam KABC-TV ini dirilis ABCnews pada Senin (5/3). Menurut data dari Drug Enforcement Agency (DEA), di Amerika Serikat lebih dari 200 dokter telah ditangkap atau dihukum sehubungan dengan overdosis obat yang diresepkan pada pasien sejak 2003.

KABC-TV melaporkan bahwa Tseng ditangkap Kamis pekan lalu dan dituduh melakukan pembunuhan dalam kematian Vu Nguyen (29) dari Lake Forest pada 2 Maret 2009; Steven Ogle (25) dari Palm Desert pada 9 April 2009; dan Yusuf Rovero III (21) mahasiswa Arizona State University, San Ramon, pada 18 Desember 2009.

Menurut laporan dari Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat, overdosis akibat penggunaan obat resep penghilang nyeri telah menewaskan hampir 15.000 orang di Amerika Serikat pada 2008, tiga kali lebih banyak dari tahun 1999.

DEA juga melaporkan bahwa banyak remaja di Amerika Serikat percaya bahwa menggunakan obat-obat resep dipandang lebih aman daripada menggunakan napza ilegal. Bahkan pada tahun 2009 dilaporkan sekitar tujuh juta orang Amerika berusia 12 tahun keatas pernah menggunakan obat resep jenis penghilang rasa sakit untuk tujuan non medis. Jumlah ini meningkat 13% dari tahun 2008.

Terkait kasus Tseng ini, dia dijadwalkan akan maju ke persidangan pada 9 Maret mendatang dengan 21 tuduhan diantaranya dugaan kecurangan dalam meresepkan obat tanpa tujuan yang sah. (Ira Hapsari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *