Berita Internasional

Ratusan Senjata Api, Bahan Peledak dan Enam Kg Narkotika Ditemukan di Penjara Caracas

Venezuela

Caracas – Pemerintah Venezuela menyita sebanyak 125 senjata api yang disembunyikan di dalam penjara La Planta di Caracas. Penyitaan ini menyusul bentrok antara narapidana dengan aparat sipir dua pekan silam.

Menurut Menteri Negara Urusan Penjara, Iris Varela, senjata api tersebut ditemukan setelag petugas menghancurkan 60 persen lantai serta dinding penjara. Selain senjata petugas juga menemukan sebuah teleskop, 27 alat peledak dan lebih dari 64.000 butir amunisi.

Konfrontasi tiga minggu di penjara berakhir pada 17 Mei ketika para pejabat mencapai kesepakatan dengan para pemimpin dari tahanan, yang setuju untuk dipindahkan ke penjara lain. Menyusul, lebih dari 1.600 narapidana keluar pada hari berikutnya.

Varela mengatakan lima orang lainnya terluka dalam tembak-menembak, termasuk dua tentara Garda Nasional dan tiga narapidana saat kerusuhan terjadi. Seorang pria yang tinggal dekat penjara itu tewas akibat terkena peluru nyasar.

Selain itu para petugas juga menemukan 6 kilogram obat-obatan terlarang serta ratusan ponsel selundupan.

“Mereka yang bertanggung jawab untuk situasi ini adalah sekelompok pengkhianat,” kata Varela.

Kelompok Pemantau Penjara Venezuela mengatakan sedikitnya 560 orang tewas dalam penjara Venezuela pada 2011 lalu, naik dari 476 pada tahun 2010. Venezuela saat ini memiliki 33 penjara dan menampung sekitar 12.000 tahanan, namun dilaporkan penjara-penjara saat ini menampung sekitar 47.000 napi, atau hampir empat kali lipat kapasitas normal.(SM/Gen)